LATIHAN SOAL USMBD IPA
Berdasarkan Kisi-Kisi 2016/2017
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat!
Indikator 1
Mengidentifikasi ciri khusus
tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu.
1.
Perhatikan ciri khusus tumbuhan di bawah
ini!
1) Bentuk
daun menyerupai duri.
2) Memiliki
batang yang berongga.
3) Memiliki
daun yang lebar dan tipis.
4) Batangnya
tebal dan berlapis lilin.
5) Memiliki
banyak stomata atau mulut daun.
6) Memiliki
batang yang berupa jaringan spons.
Ciri
tumbuhan yang hidup di lingkungan berair ditunjukkan pada nomor….
a. 1,
2, dan 3.
b. 1,
3, dan 4.
c. 2,
3, dan 5.
d. 2,
4, dan 6.
Indikator
2
Menjelaskan
fungsi bentuk luar tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut.
2. Cermati tabel berikut ini!
Bagian
Tubuh Hewan
|
Fungsi
|
||
1.
|
Tempurung
kura-kura
|
A
|
Mencengkram
mangsa.
|
2.
|
Kaki
brung elang
|
B
|
Mengais
tanah saat mencari makanan.
|
3.
|
Ekor
ikan.
|
C
|
Untuk
membantu berbelok.
|
4.
|
Antena
semut
|
D
|
Melindungi
diri
|
Pasangan yang tepat
antara bagian tubuh hewan dan fungsinya adalah….
a. 1 – C, 2 – A, 3 – D, dan 4 – B.
b. 1 – C, 2 – B, 3 – A, dan 4 – D.
c. 1 – D, 2 – A, 3 – C, dan 4 – B.
d. 1 – D, 2 – B, 3 – C, dan 4 – A.
Indikator
3
Menentukan dasar pengelompokan
hewan.
3.
Perhatikan tabel berikut ini!
Hewan A
|
Hewan B
|
Itik
|
Ayam
|
Musang
|
Elang
|
Monyet
|
Katak
|
Tikus
|
Platipus
|
Hewan tersebut di atas
dapat digolongkan dalam kelompok yang sama berdasarkan….
a. hewan
A: cara bergeraknya, hewan B : jenis makanannya.
b. hewan
A: penutup tubuhnya, hewan B : tempat hidupnya.
c. hewan
A : jenis makanannya, hewan B : tempat
hidupnya.
d. hewan
A : jenis makanannya, hewan B : cara berkembangbiaknya.
Indikator
4
Menggolongkan
hewan berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar.
4.
Perhatikan gambar hewan di bawah ini!
Kelompok hewan yang jenis
makanannya sama ditunjukkan pada nomor….
Kelompok A
|
Kelompok B
|
Kelompok C
|
Kelompok D
|
|
a.
|
1, 5
|
3, 7
|
4, 6
|
2, 8
|
b.
|
1, 5
|
2, 6
|
3, 7
|
4, 8
|
c.
|
1, 8
|
3, 6
|
5, 7
|
2, 4
|
d.
|
1, 8
|
3, 7
|
4, 6
|
2, 5
|
Indikator 5
Menunjukkan pasangan yang tepat
antara nama hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel.
5.
Perhtikan tabel berikut ini!
Nama
Hewan
|
Jenis
Makanannya
|
||
1.
|
Burung kolibri
|
p.
|
Serangga
|
2.
|
Bunglon
|
q.
|
Ikan
dan udang
|
3.
|
Rusa
|
r.
|
Nektar
|
4.
|
Burung
bangau
|
s.
|
Rerumputan
|
Pasangan yang tepat
antara nama hewan dan jenis makanannya adalah….
a. 1
– p, 2 – r, 3 – s, 4 – q.
b. 1
– q, 2 – r, 3 – p, 4 – s.
c. 1
– r, 2 – p, 3 – s, 4 – q.
d. 1
– s, 2 – p, 3 – r, 4 – q.
Indikator
6
Mengidentifikasi rantai
makanan pada ekosistem tertentu.
6.
Perhatikan tabel di bawah ini!
Rantai Makanan
|
Ekosistem
|
|
K.
|
Padi
Ã
ulat Ã
ayam Ã
ular Ã
pengurai.
|
Padang
rumput.
|
L.
|
Fitoplankton
Ã
zooplankton Ã
ikan kecil Ã
ikan hiu Ã
bakteri
|
Laut
|
M.
|
Alga
Ã
Serangga air à katak Ã
bangau Ã
pengurai.
|
Danau
|
N.
|
Padi
Ã
belalang Ã
katak Ã
ular Ã
pengurai.
|
Kebun
|
Pasangan yang tepat
antara rantai makanan dan ekosistem ditunjukkan pada huruf….
a. K
dan L.
b. K
dan M
c. L
dan M.
d. M
dan N.
Indikator
7
Menentukan organisme
yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap.
7.
Perhatikan rantai makanan di bawah ini!
Hewan
yang tepat untuk mengganti huruf P dan Q pada rantai makanan di atas adalah…
a. ulat
dan katak.
b. belalang
dan ular.
c. ular
dan burung pipit.
d. katak
dan ular.
Indikator
8
Menentukan peran organisme tertentu dalam suatu
rantai makanan yang disajikan dalam gambar.
8.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Peran ular dan belalang
pada rantai makanan tersebut, yaitu….
a. konsumen
I dan konsumen II.
b. konsumen
II dan konsumen III.
c. konsumen
III dan produsen.
d. konsumen
III dan konsumen I.
Indikator 9
Memprediksi perubahan
yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai
makanan punah atau berkembang dengan pesat.
9.
Dalam suatu rantai makanan terdapat
padi, elang, tikus, ular, dan pengurai. Karena keberadaan tikus menjadi hama
perusak tanaman padi. Maka para petani membasmi populasi tikus tersebut tanpa
memikirkan akibat yang ditimbulkan di kemudian hari. Berikut ini yang termasuk
akibat dari pembasmian populasi tikus tersebut adalah….
a. hasil
panen menjadi berkurang.
b. ular
memperoleh banyak makananya.
c. burung
elang menjadi satu-satunya mangsa ular.
d. ular
menjadi kekurangan makanan.
Indikator
10
Memberikan
contoh hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis).
1.
Bacalah pernyataan di bawah ini dengan
cermat!
- Cacing pita hidup di tubuh manusia.
- Tumbuhan paku menempel pada pohon mangga.
- Ikan badut dengan anemon laut.
- Burung jalak dengan kerbau.
- Bunga raflesia menempel pada akar pohon.
- Tanaman sirih yang membelit batang pohon.
- Bakteri E. Colly di usus besar manusia.
- Ikan hiu dengan ikan remora.
- Tali putri di tanaman teh-tehan.
Pasangan simbiosis yang
tepat yaitu….
Mutualisme
|
Komensalisme
|
Parasitisme
|
|
a.
|
1,
3, 4
|
2,
6, 8
|
5,
7, 9
|
b.
|
2,
4, 7
|
3,
5, 9
|
1,
6, 8
|
c.
|
3,
4, 7
|
2,
6, 8
|
1,
5, 9
|
d.
|
3,
5, 6
|
1,
2, 9
|
4,
7, 8
|
Indikator 11
Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh yang diberikan.
11. Perhatikan gambar di bawah ini!
Pada gambar di samping menunjukkan suatu interaksi antara ikan badut
dengan anemon laut. Interaksi yang terjadi antara ikan badut dengan
anemon laut adalah….
a. ikan
badut diuntungkan karena mendapat makanan berupa bagian tubuh anemon
laut, sedangkan anemon laut dirugikan karena bagian tubuhnya dimakan
ikan badut.
b. ikan
badut diuntungkan karena terhidar dari pemangsa, sedangkan anemon laut
tidak diuntungkan maupun dirugikan dari keberadaan ikan badut.
c. anemon laut diuntungkan karena parasit ditubuhnya berkurang dan ikan badut juga diuntungkan terhindar dari pemangsa.
d. anemon
laut diuntungkan karena mendapat makanan dari ikan badut, sedangkan
ikan badut tidak diuntungkan maupun dirugikan dari keberadaan anemon
laut.
Indikator 12
Memberikan
contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan berdasarkan ilustrasi/gambar cara
perkembangbiakan.
12.
Perhatikan gambar tumbuhan berikut ini!
Perhatikan gambar tumbuhan berikut ini!
Secara berurutan cara
perkembangbiakan tumbuhan di atas adalah….
a. A
. stek pucuk, B. enten, C. umbi batang.
b. A
. tunas adventif, B. merunduk, C. umbi batang.
c. A
. stek pucuk, B. okulasi, C. umbi akar.
d. A
. tunas adventif, B. merunduk, C. umbi akar.
Indikator 13
Memberikan dua contoh
hewan yang berkembang biak dengan cara tertentu.
13.
Bacalah daftar hewan di bawah ini!
1) Ikan
lele
2) Ular
sawah
3) Kadal
4) Platipus
5) Kelawar
6) Ikan
pari
Dari
daftar hewan di atas yang berkembangbiak secara ovovivipar adalah nomor….
a. 1
dan 2.
b. 2
dan 5
c. 3
dan 4
d. 3
dan 6
Indikator 14
Menentukan
pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan
cara perkembangbiakannya.
14.
Perhatikan tabel di bawah ini!
Hewan/Tumbuhan
|
Cara
Berkembangbiak
|
||
P.
|
Cacing
planaria
|
1.
|
Tunas
|
Q.
|
Hydra
|
2.
|
Rhizoma
|
R.
|
Arbei
|
3.
|
Stolon
|
S.
|
Kunyit
|
4.
|
Fragmentasi
|
Pasangan yang tepat antara hewan/tumbuhan dengan
cara berkembangbiak
ditunjukkan pada….
a. P-4,
Q-1, R-3, S-2.
b. P-4,
Q-3, R-1, S-2.
c. P-3,
Q-1, R-2, S-3.
d. P-2,
Q-3, R-4, S-1.
Indikator 15
Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan
diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi.
15. Bebek mencari makanan di tempat yang
berair dan berlumpur. Cara penyesuaian diri bebek terhadap lingkungannya
yaitu….
a. memiliki
leher yang panjang.
b. memiliki
kaki berselaput.
c. memiliki
paruh berbentuk sudu.
d. bulu
yang dilapisi minyak.
Indikator
16
Menjelaskan tujuan
hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu.
16. Untuk mempertahankan hidup setiap
tumbuhan harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Setiap tanaman
memiliki cara beradaptasi yang berbeda-beda. Contohnya tanaman jagung beradaptasi
dengan menggulungkan daunnya di saat cuaca panas. Tujuan tanaman jagung
menggulungkan daun pada cuaca panas adalah….
a. mempercepat
penguapan.
b. mengurangi
penguapan.
c. menghindari
serangan hama.
d. membantu
proses fotosintesis.
Indikator 17
Menunjukkan
pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.
17.
Perhatikan tabel di bawah ini!
No
|
Tumbuhan
|
Cara Adaptasi dan Fungsinya
|
1
|
Burung hantu.
|
Kemampuan ekolokasi
untuk mencari makanan.
|
2
|
Belalang daun.
|
Kemampuan kamuflase
untuk mengelabuhi pemangsa.
|
3
|
Unta
|
untuk menyimpan
cadangan makanan dalam bentuk lemak.
|
4
|
Trenggiling.
|
Berpura-pura mati
untuk menarik perhatian lawan jenis.
|
Pasangan
yang benar antara hewan, ciri khusus, dan fungsinya ditunjukkan pada nomor....
a. 1
dan 2. c. 2 dan 3.
b. 1
dan 3. d. 3 dan 4.
Indikator 18
Menjelaskan cara melestarikan sumber daya alam tertentu berdasarkan kasus di suatu daerah.
18. Sering
kali Jakarta mengalami bencana banjir. Salah satu cara yang bisa
dilakukan untuk mencegah banjir di kota tersebut adalah….
a. menutup semua lahan kosong dengan paving.
b. melakukan pendangkalan sungai di sekitar kota tersebut.
c. menambah ruang terbuka hijau sebagai daerah resapan air.
d. melarang warga melakukan pembangunan.
Indikator 19
Menjelaskan manfaat
pelestarian lingkungan/sumber daya alam di suatu daerah.
19. Gajah
merupakan salah satu satwa yang dilindungi pemerintah di Way Kambas. Tujuan
pemerintah melindungi satwa tersebut adalah untuk….
a. menambah
pendapatan daerah melalui pariwisata.
b. diambil
gadingnya untuk bahan kerajinan.
c. menjaga
kelestarian gajah dari kepunahan.
d. dijadikan
pemain sirkus di taman hiburan.
Indikator 20
Menjelaskan
akibat dari kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan
berdasarkan ilustrasi yang disajikan.
20. Perhatikan
pernyataan di bawah ini!
1) Banjir.
2) Longsor.
3) Kebakaran.
4) Pencemaran
air.
5) Tsunami.
6) Ikan
di sungai mati keracunan.
Akibat yang dapat ditimbulkan dari kegiatan manusia
membuang sampah di sungai ditunjukkan pada nomor….
a. 1,
2, dan 4. c. 1, 5, dan 6.
b. 1,
4, dan 6. d. 2, 3, dan 5
Indikator 21
Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi,
atau banjir berdasarkan kasus yang disajikan.
21. Salah
satu cara untuk mencegah terjadinya abrasi yaitu….
a. Mengambil
terumbu karang untuk dijual.
b. Melakukan
penanaman pohon bakau di sepanjang pantai.
c. Menambang
pasir pantai secara besar-besaran.
d. Membuka
tambak di sepanjang pantai.
Indikator 22
Menjelaskan
fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan.
22. Perhatikan
tabel berikut ini!
Bagian Tumbuhan
|
Fungsi
|
1. Bunga
|
K. tempat terjadinya fotosintesis.
|
2. Akar
|
L. menyerap air dan zat hara.
|
3. Batang
|
M.
sebagai alat perkembangbiakan.
|
4. Daun
|
N. mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh
ubuh tumbuhan
|
Pasangan yang tepat
antara bagian tumbuhan dan fungsinya ditunjukkan pada….
a. 1
– K, 2 – L, 3 – N, 4 – M.
b. 1
- L, 2 – K, 3 – M, 2 – N.
c. 1
– M, 2 – L, 3 – N, 4 – K.
d. 1
– M, 2 – K, 3 – L, 4 – N.
Indikator 23
Menjelaskan manfaat
bagian tubuh tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia.
23. Perhatikan
tabel di bawah ini!
Bagian
Tumbuhan
|
Manfaat
|
|
P.
|
Getah
pinus
|
Untuk
bahan terpentin industri cat
|
Q.
|
Kulit
cendana
|
Untuk
penyedap makanan.
|
R.
|
Batang
sagu
|
Untuk
bahan bangunan.
|
S.
|
Daun
suji
|
Sebagai
bahan pewarna makanan
|
Pasangan yang tepat antara bagian tumbuhan dengan
manfaatnya ditunjukkan pada huruf….
a. P
dan Q
b. Q dan S
c. P dan S
d. R dan S
Indikator 24
Mengidentifikasi
hewan yang mengalami daur hidup seperti tampak pada gambar/diagram.
24. Perhatikan
diagram di bawah ini!
Hewan yang mengalami daur hidup seperti diagram di
atas adalah….
a. lalat,
kupu-kupu, dan nyamuk.
b. kupu-kupu,
lipas, dan capung.
c. nyamuk,
lipas, dan jangkrik
d. lipas,
belalang, dan capung.
Indikator 25
Menentukan
salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan
manusia berdasarkan ilustrasi.
25.
Perhatikan gamba berikut ini!
Perhatikan gamba berikut ini!
Dari daur hidup hewan di atas yang merugikan manusia
terdapat pada….
a. (a)
dan 1 c. (d)
dan 2
b. (b)
dan 2 d. (d)
dan 4
Indikator 26
Menentukan
jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
26.
Perhatikan
gambar rangka di bawah ini!
Sendi yang ditunjukkan
oleh huruf I dan J secara berurutan adalah….
a.
sendi engsel dan sendi putar.
b.
sendi putar dan sendi peluru.
c.
sendi peluru dan sendi engsel.
d.
sendi peluru dan sendi pelana
Indikator 27
Menentukan arah gerak
sendi yang disajikan dalam gambar.
27.
Perhatikan
gambar berikut ini!
Arah gerakan sendi yang
ditunjukkan pada huruf X adalah….
a.
satu arah.
b.
dua arah
c.
berputar
d.
semua arah.
Indikator 28
Menjelaskan fungsi bagian rangka
yang disajikan dalam gambar.
28. Perhatikan
gambar di bawah ini!
Fungsi bagian rangka
manusia pada gambar di atas yaitu….
a. melindungi
organ reproduksi dan penyangga tulang tengkorak.
b. melindungi
hati dan usus dan penyangga tulang tengkorak.
c. melindungi
jantung, paru-paru dan menegakkan tubuh.
d. sebagai
alat gerak aktif dan melindungi otak.
Indikator 29
Mengidentifikasi bagian yang ditunjuk pada gambar sistem organ sesuai dengan fungsinya.
29. Perhatikan gambar di bawah ini!
Fungsi organ yang ditunjukkan nomor 1 dan 4 secara berurutan adalah . . . .
a. Mengubah zat tepung menjadi asam amino dan menyerap air dan mineral.
b. Mengubah zat tepung menjadi zat gula dan membusukan sisa pencernakan.
c. Mengubah protein menjadi asam amino dan menyerap sari-sari makanan.
d. Mengubah lemak menjadi asam lemak dan membunuh bibit penyakit.
Indikator 30
Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu .
30. Gangguan organ peredaran darah yang ditandai dengan menurunnya
tekanan darah dalam tubuh dan darah sukar membeku jika terjadi luka
adalah penyakit….
a. hipotensi dan hemofilia. c. hipertensi dan leukimia.
b. hipertensi dan hemofilia. d. hipotensi dan varises.
Indikator 31
Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel.
31. Perhatikan tabel di bawah ini!
Pasangan yang tepat antara nama benda dan sifat benda adalah….
a. 1 – e, 2 – g, 3 – h, 4 – f. c. 1 – g, 2 – f, 3 – h, 4 – e.
b. 1 – f, 2 – e, 3 – h, 4 – g d. 1 – g, 2 – e, 3 – h, 4 – f.
Indikator 32
Menentukan pasangan yang tepat pada tabel contoh kegiatan dan perubahan wujud benda yang terjadi.
32. Perhatikan tabel di bawah ini!
Pasangan yang tepat antara kegiatan yang dilakukandengan perubahan wujud yang terjadi ditunjukkan pada….
a. P – 1, Q – 3, R – 4, S - 2
b. P – 2, Q – 1, R – 4, S - 3
c. P – 2, Q – 3, R – 4, S - 1
d. P – 4, Q – 1, R – 2, S - 3
Indikator 33
Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan).
33. Peniti
telah digunakan kemudian diletakkan dalam udara terbuka lama kelamaan
akan terlihat warna oranye dan berserbuk pada bagian permukaannya. Hal
ini disebabkan….
a. Pertumbuhan jamur pada peniti tersebut yang mengakibatkan peniti berwarna oranye.
b. Ada pertumbuhan mikroorganisme khusus yang menyebabkan peniti tersebut menghasilkan serbuk dan berwarna oranye.
c. Proses perkaratan pada peniti yang bereaksi dengan udara.
d. Aktivitas jamur yang menyebabkan pembusukan pada peniti tersebut.
Indikator 34
Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar.
34. Perhatikan gambar beikut ini!
Gaya yang dimanfaatkan pada kegiatan I, II, dan III secara berurutan adalah….
a. Gaya pegas, gaya gesek, dan gaya magnet.
b. Gaya pegas, gaya gesek, dan gaya gravitasi.
c. Gaya dorongan, gaya pegas, gaya magnet.
d. Gaya tarikan, gaya mesin, gaya gravitasi.
Indikator 35
Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan gaya dapat mengubah gerak, arah , atau bentuk benda.
35. Perhatikanlah tabel di bawah ini!
Pasangan yang tepat antara gambar gaya dan pengaruh gaya terhadap benda adalah . . . .
a. 1K, 2M, 3L c. 1M, 2L, 3K
b. 1M, 2K, 3L d. 1L, 2K, 3M
Indikator 36
Menentukan bentuk energi pada alat/benda saat digunakan berdasarkan gambar.
Bentuk energi yang digunakan untuk mengoperasikan alat seperti gambar di samping adalah…
a. listrik
b. kimia
c. cahaya
d. suara dan gambar.
Indikator 37
Menentukan alat-alat yang mempunyai perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan.
37. Perhatikan gambar di bawah ini
Peralatan listrik di atas yang memiliki perubahan
energi yang sama saat
digunakan yaitu….
Kelompok I
|
Kelompok II
|
Kelompok III
|
Kelompok IV
|
|
a.
|
1 dan 3
|
2 dan 6
|
4 dan 5
|
7 dan 8
|
b.
|
1 dan 3
|
2 dan 7
|
4 dan 6
|
5 dan 8
|
c.
|
1 dan 4
|
2 dan 7
|
5 dan 6
|
3 dan 8
|
d.
|
1 dan 6
|
2 dan 3
|
4 dan 8
|
5 dan 7
|
Indikator 38
Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
38. Cahaya matahari merupakan sumber energi terbesar di bumi.
Keberadaannya sekarang ini digunakan sebagai energi alternatif. Gambar
kegiatan manusia yang memanfaatkan energi alternatif ditunjukkan pada
gambar …..
Indikator 39
Menentukan cara menghemat energi berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan energi.
39. Bahan
bakar fosil termasuk bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui. Jika
kita tidak menghematnya, maka bahan bakar tersebut lama kelamaan akan
habis. Berikut ini salah satu upaya menghemat bahan bakar fosil adalah….
a. menggunakan sepeda motor ketika berpergian agar menghemat waktu.
b. menggunakan kendaraan umum jika berpergian.
c. menggunakan sepeda untuk berpergian ke manapun.
d. selalu berpergian dengan kendaraan pribadi.
Indikator 40
Menjelaskan penerapan kegiatan yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan
Dua buah gelas A dan B tersusun seperti gambar I sulit untuk dipisahkan.
Kemudian susunan gelas A dan B dimasukkan ke dalam air panas seperti
gambar II, ternyata kedua gelas tersebut menjadi mudah dipisahkan. Hal
ini terjadi karena ….
a. gelas A memuai lebih dulu daripada gelas B
b. gelas B memuai lebih dulu daripada gelas A
c. gelas A menyusut, gelas B memuai
d. gelas A memuai, gelas B menyusut
Indikator 41
Menunjukkan bagian alat rumah tangga yang berfungsi sebagai konduktor/isolator berdasarkan gambar
41. Perhatikan gambar peralatan berikut ini!
Pasangan yang tepat yang termasuk konduktor dan
isolator panas
ditunjukkan oleh nomor….
Konduktor
|
Isolator
|
|
a.
|
A dan 1
|
B dan 2
|
b.
|
A dan 2
|
B dan 1
|
c.
|
A dan B
|
1 dan 2
|
d.
|
1 dan 2
|
A dan B
|
Indikator 42
Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas.
42. Cermati daftar benda berikut ini!
1) Kayu 5) Aluminium
2) Kain 6) Plastik
3) Kaca 7) Tembaga
4) Ebonit 8) Baja
Pengelompokkan yang tepat berdasarkan kemampun menghantarkan panas yaitu….
Konduktor
|
Isolator
|
|
a.
|
1, 2, 4, 6
|
3, 5, 7, 8
|
b.
|
1, 5, 4, 8
|
2, 3, 6, 7
|
c.
|
3, 5, 7, 8
|
1, 2, 4, 6
|
d.
|
4, 5, 7, 8
|
1, 2, 3, 6
|
Indikator 43
Menyebutkan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari.
43. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Ujung logam akan terasa panas jika ujung yang lain dipanaskan.
2. Panas matahari yang sampai ke bumi.
3. Gerakan naik turunnya kacang hijau, beras, kedelai saat direbus.
4. Terjadinya angin darat dan angin laut.
5. Kita terasa hangat saat dekat api unggun.
6. Mentega akan meleleh ketika diletakkan di wajan yang tengah dipanaskan.
Pernyataan di bawah ini yang tepat ditunjukkan pada huruf . . .
No
|
Konduksi
|
Konveksi
|
Radiasi
|
a.
|
1 dan 2
|
4 dan 6
|
3 dan 5
|
b.
|
1 dan 4
|
2 dan 3
|
5 dan 6
|
c.
|
1 dan 5
|
3 dan 4
|
2 dan 6
|
d.
|
1 dan 6
|
3 dan 4
|
2 dan 5
|
Indikator 44
Menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung.
44. Perhatikan jenis bahan-bahan di bawah ini!
1) Kaca 4) Busa
2) Gabus 5) Seng
3) Aluminium 6) Karpet
Dari bahan di atas yang dapat dimanfaatkan untuk melapisi dinding agar tidak terjadi gaung ditunjukkan pada nomor….
a. 1, 4, dan 5
b. 2, 4, dan 6
c. 2, 5, dan 6
d. 3, 4, dan 6
Indikator 45
Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan).
45. Cermati tabel di berikut ini!
Alat Musik
|
Cara Memainkan
|
||
1.
|
Kecapi
|
p.
|
Digesek
|
2.
|
Angklung
|
q.
|
Dipetik
|
3.
|
Biola
|
r.
|
Ditiup
|
4.
|
Recorder
|
s.
|
Digoyang
|
Pasangan alat musik dengan cara memainkannya yang tepat ditunjukkan pada nomor….
a. 1 – p, 2 – s, 3 – q, 4 – r.
b. 1 – p, 2 – q, 3 – r, 4 – s.
c. 1 – q, 2 – s, 3 – p, 4 – r
d. 1 – q, 2 – r, 3 – s, 4 – p
Indikator 46
Menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar.
46. Perhatikan gambar berikut ini!
Manakah gambar bayang-bayang yang tepat setelah matahari berpindah posisi?
Indikator 47
Menjelaskan sifat cahaya berdasarkan ilustrasi suatu kegiatan/ gambar.
47. Perhatikanlah gambar di bawah ini!
Sesuai dengan gambar di atas, secara berurutan membuktikan bahwa cahaya . . . .
a. 1. dapat dipantulkan, 2. dapat dibiaskan, 3. merambat lurus
b. 1. dapat dipantulkan, 2. dapat dibiaskan, 3. dapat diuraikan
c. 1. dapat dibiaskan, 2. dapat menembus benda bening, 3. merambat lurus
d. 1. dapat dibiaskan, 2. dapat menembus benda bening, 3. Dapat diuraikan
Indikator 48
Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar.
48. Perhatikan rangkaian listrik berikut ini!
Berdasarkan rangkaian listrik di atas, maka yang
akan terjadi adalah….
Saklar
|
Lampu
|
||||||
S1
|
S2
|
L1
|
L2
|
L3
|
L4
|
L5
|
|
a.
|
Diputus
|
Disambung
|
menyala
|
padam
|
menyala
|
menyala
|
menyala
|
b.
|
Diputus
|
Disambung
|
padam
|
Menyala
|
padam
|
padam
|
padam
|
c.
|
Disambung
|
Diputus
|
menyala
|
menyala
|
menyala
|
menyala
|
padam
|
d.
|
Disambung
|
Diputus
|
menyala
|
menyala
|
padam
|
padam
|
menyala
|
Indikator 49
Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar.
49. Perhatikan gambar di bawah ini!
Cara membuat magnet sesuai dengan gambar A, B, dan C secara berurutan adalah….
a. gosokan, elektromagnet, induksi.
b. imbas, gosokan, induksi.
c. induksi, gosokan, elektromagnetik.
d. gosokan, induksi, elektrogmanetik.
Indikator 50
Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar.
50. Perhatikan gambar di bawah ini!
Pemanfaatan sumber daya alam yang tepat sesuai dengan gambar di atas adalah….
a. P untuk bahan sandang, Q untuk bahan makanan
b. P untuk bahan makanan, Q untuk bahan bangunan
c. P untuk bahan sandang, Q untuk bahan bangunan
d. P untuk bahan obat-obatan, Q untuk bahan makanan
Indikator 51
Menentukan beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui.
51. Perhatikan daftar sumber daya alam di bawah ini!
1) Emas 5) Avtur
2) Mutiara 6) Intan
3) Serat sutra 7) Pohon Jati
4) Batu bara 8) Kelapa sawit
Dari daftar sumber daya alam di atas jika dikelompokan menurut dapat atau tidaknya sumber daya tersebut diperbaharui menjadi….
Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar.
49. Perhatikan gambar di bawah ini!
Cara membuat magnet sesuai dengan gambar A, B, dan C secara berurutan adalah….
a. gosokan, elektromagnet, induksi.
b. imbas, gosokan, induksi.
c. induksi, gosokan, elektromagnetik.
d. gosokan, induksi, elektrogmanetik.
Indikator 50
Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar.
50. Perhatikan gambar di bawah ini!
Pemanfaatan sumber daya alam yang tepat sesuai dengan gambar di atas adalah….
a. P untuk bahan sandang, Q untuk bahan makanan
b. P untuk bahan makanan, Q untuk bahan bangunan
c. P untuk bahan sandang, Q untuk bahan bangunan
d. P untuk bahan obat-obatan, Q untuk bahan makanan
Indikator 51
Menentukan beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui.
51. Perhatikan daftar sumber daya alam di bawah ini!
1) Emas 5) Avtur
2) Mutiara 6) Intan
3) Serat sutra 7) Pohon Jati
4) Batu bara 8) Kelapa sawit
Dari daftar sumber daya alam di atas jika dikelompokan menurut dapat atau tidaknya sumber daya tersebut diperbaharui menjadi….
Sumber Daya Alam Dapat Diperbarui
|
Sumber Daya Alam Tidak Dapat Diperbarui
|
|
a.
|
1 – 3 – 7 – 8
|
2 – 4 – 5 – 6
|
b.
|
1 – 6 – 7 – 8
|
2 – 3 – 4 – 5
|
c.
|
2 – 3 – 7 – 8
|
1 – 4 – 5 – 6
|
d.
|
3 – 6 – 7 – 8
|
1 – 2 – 4 – 5
|
Indikator 52
Menjelaskan dampak
pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.
48. Perhatikan
tabel di bawah ini!
Kegiatan Manusia
|
Dampak Terhadap Lingkungan
|
||
1.
|
Menangkap ikan dengan bahan peledak.
|
A
|
Punahnya habitat hewan di hutan.
|
2.
|
Menggunakan pupuk kimia berlebihan
|
B
|
Ekosistem laut menjadi rusak.
|
3.
|
Membuka hutan untuk lahan pertanian.
|
C
|
Menyebabkan abrasi.
|
4.
|
Penambangan pasih di pesisir pantai
|
D
|
Peningkatan populasi enceng gondok secara tidak
terkendali
|
Pasangan yang tepat antara kegiatan manusia dan
dampak terhadap lingkungan adalah….
a. 1A,
2D, 3B, dan 4C
b. 1B,
2D, 3A, dan 4C
c. 1B,
2A, 3C, dan 4D
d. 1C,
2B, 3A, dan 4D
Indikator 53
Menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar.
53. Perhatikan gambar daur air di bawah ini!
Tahapan daur air yang tepat adalah ....
a. 1 = kondensasi, 2 = evaporasi, 3 = presipitasi, dan 4 = transpirasi
b. 1 = kondensasi, 2 = prsipitasi, 3 = transpirasi, dan 4 = evaporasi
c. 1 = evaporasi, 2 = kondensasi, 3 = presipitasi, dan 4 = transpirasi
d. 1 = evaporasi, 2 = presipitasi, 3 = kondensasi, dan 4 = transpirasi
Indikator 54
Menjelaskan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air.
54. Bacalah dengan teliti pernyataan – pernyataan di bawah ini!
a) Membuang limbah deterjen di perairan.
b) Membuat bendungan untuk menampung air hujan.
c) Mendirikan pemukiman di sekitar sungai agar mudah mendapatkan air.
d) Memaving seluruh permukaan tanah di sekitar rumah kita.
e) Memanami pepohonan di sekitar rumah kita.
f) Menghilangkan lahan resapan air.
Dari kegiatan di atas yang bisa mengganggu daur air ditunjukkan pada huruf….
a. a) – b) – c) – d)
b. a) – c) – d) – e)
c. a) – c) – d) – f)
d. b) – c) – d) – f)
Indiktor 55
Menjelaskan akibat gerakan bumi/ bulan terhadap matahari.
55. Perhatikan peristiwa-peristiwa di bawah ini!
1) Gerak semu harian matahari.
2) Terjadi gerak semu tahunan matahari.
3) Terjadi siang dan malam.
4) Pergantian musim di daerah belahan bumi Utara dan Selatan.
5) Perbedaan waktu di berbagai daerah.
6) Perubahan penampakan rasi bintang.
Dari pernyataan-pernyataan di atas jika dikelompok berdasarkan gerakan bumi, maka pasangan yang tepat adalah….
Akibat Rotasi Bumi
|
Akibat Revolusi Bumi
|
|
a.
|
1 – 3 – 5
|
2– 4 – 6
|
b.
|
1 – 3 – 6
|
2 – 5 – 5
|
c.
|
1 – 4 – 5
|
2 – 3 – 6
|
d.
|
2 – 4 – 6
|
1 – 3 – 5
|
Indikator 56
Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan.
56. Perhatikan gambar berikut ini!
Gerhana bulan total terjadi ketika bulan pada posisi nomor….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
Indikator 57
Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya.
57. Perhatikan gambar di bawah ini!
Nama planet yang ditunjukkan pada nomor 1, 2, dan 3 secara berurutan adalah….
a. Bumi – Saturnus – Neptunus
b. Bumi – Saturnus – Uranus
c. Mars – Saturnus – Neptunus
d. Mars – Uranus - Neptunus
Indikator 58
Menentukan nama planet berdasarkan ciri-cirinya.
58. Perhatikan tabel di berikut ini!
Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan.
56. Perhatikan gambar berikut ini!
Gerhana bulan total terjadi ketika bulan pada posisi nomor….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
Indikator 57
Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya.
57. Perhatikan gambar di bawah ini!
Nama planet yang ditunjukkan pada nomor 1, 2, dan 3 secara berurutan adalah….
a. Bumi – Saturnus – Neptunus
b. Bumi – Saturnus – Uranus
c. Mars – Saturnus – Neptunus
d. Mars – Uranus - Neptunus
Indikator 58
Menentukan nama planet berdasarkan ciri-cirinya.
58. Perhatikan tabel di berikut ini!
Nama Planet
|
Ciri-Ciri Planet
|
||
1.
|
Merkurius
|
p.
|
Memiliki
cincin, planet yang paling ringan, satelit terbesarnya bernama Titan
|
2.
|
Bumi
|
q.
|
Mendapat julukan
“Bintang Kejora”, kala rotasinya paling lama, arah rotasinya
searah jarum jam.
|
3.
|
Saturnus
|
r.
|
Planet
yang berwarna biru, planet yang ada kehidupannya, memiliki satelit yang
bernama “Bulan”. Memiliki atmosfer.
|
4.
|
Neptunus
|
s.
|
Planet
yang paling jauh dengan matahari, kala revolusinya paling lama, dikenal
dengan sebutan planet Pembuat Ulah.
|
Indikator 59
Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah.
59. Tahun Hijriah lebih cepat 11 hari daripada tahun Masehi. Dampaknya umat Islam merayakan hari besarnya selalu berubah-ubah lebih cepat 11 hari dari tahun sebelumnya pada Tahun Masehi.
Selisih perbedaan hari tersebut disebabkan oleh....
a. sebelas kali revolusi bulan jumlahnya harinya lebih sedikit 12 hari dibanding sekali revolusi bumi.
b. dua belas kali revolusi bulan jumlah harinya lebih banyak 11 hari dibanding sekali revolusi bumi.
c. sekali revolusi bumi jumlah harinya lebih banyak 11 hari dibanding jumlah hari 12 kali revolusi bulan.
d. sekali revolusi bumi jumlah harinya lebih sedikit 11 hari dibanding 12 kali revolusi bulan
Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah.
59. Tahun Hijriah lebih cepat 11 hari daripada tahun Masehi. Dampaknya umat Islam merayakan hari besarnya selalu berubah-ubah lebih cepat 11 hari dari tahun sebelumnya pada Tahun Masehi.
Selisih perbedaan hari tersebut disebabkan oleh....
a. sebelas kali revolusi bulan jumlahnya harinya lebih sedikit 12 hari dibanding sekali revolusi bumi.
b. dua belas kali revolusi bulan jumlah harinya lebih banyak 11 hari dibanding sekali revolusi bumi.
c. sekali revolusi bumi jumlah harinya lebih banyak 11 hari dibanding jumlah hari 12 kali revolusi bulan.
d. sekali revolusi bumi jumlah harinya lebih sedikit 11 hari dibanding 12 kali revolusi bulan
Sumber: https://banksoalcom.blogspot.co.id/2017/02/soal-try-out-usm-ipa-sd-terbaru-paket-1.html
http://ainamulyana.blogspot.com/2012/02/soal-latihan-usbn-ipa-sd-mi-tahun-2018.html
http://ainamulyana.blogspot.com/2012/03/latihan-online-soal-uasbn-usbn-ipa-sd.html
DOWNLOAD Soal Try Out USMBD 2015 Jakarta Barat
1. Ikan kerapu memiliki bentuk kulit yang menyerupai dengan batuan karang di sekitarnya. Fungsi
ciri khusus tersebut adalah . . . .
A. melindungi diri dari pemangsa
B. memudahkan menemukan mangsa
C. memudahkan menemukan pasangannya
D. mencegah hewan lain menjadi parasit di tubuhnya
2. Perhatikan gambar-gambar hewan berikut!
Berdasarkan jenis makanannya, kedua hewan tersebut dimasukkan ke dalam kelompok yang sama, yaitu . . . .
A. pemakan daun-daunan
B. pemakan biji-bijian
C. pemakan daging
D. pemakan nektar
3. Perhatikan rantai makanan berikut!
Makhluk hidup yang tepat untuk melengkapi (I), (II), dan (III) pada rantai makanan tersebut adalah
. . . .
A. (I): ulat, (II): ular, dan (III): sapi
B. (I): ulat, (II): ular, dan (III): burung elang
C. (I): ular, (II): ulat, dan (III): burung elang
D. (I): ayam, (II): ular, dan (III): burung merpati
4. Alasan terjadinya interaksi kedua makhluk hidup pada gambar berikut adalah . . . .
A. ikan badut akan memakan parasit yang menempel pada tentakel anemon, sedangkan anemon akan melindungi ikan badut dari pemangsa
B. ikan badut mendapatkan makanan dari kotoran anemon laut, sedangkan anemon laut dirugikan karena ikan badut membuang kotorannya di sekitarnya
C. ikan badut mendapatkan makanan dari anemon laut, sedangkan anemon laut diuntungkan karena parasit yang menempel dimakan oleh ikan badut
D. keberadaan ikan badut di dalam anemon laut dapat mengakibatkan kematian pada anemon karena anak ikan badut memakan anemon
5. Tumbuhan-tumbuhan berikut yang dapat dikembangbiakkan dengan cara menyetek dan tunas
adventif, yaitu . . . .
6. Kupu-kupu mencari makanan di lingkungan yang memiliki tumbuhan dengan bunga bermekaran. Cara penyesuaian diri kupu-kupu terhadap lingkungannya adalah . . . .
A. bentuk mulut seperti jarum untuk mengambil cairan buah
B. bentuk mulut seperti belalai untuk memudahkan mengambil nektar
C. bentuk kaki yang tebal dan lengket untuk merayap di dinding dan batang pohon
D. bentuk sayap seperti mata burung pemangsa untuk menakuti pemakan serangga
7. Melestarikan hutan bakau di kawasan pesisir sangat penting bagi lingkungan. Hal ini dikarenakan hutan bakau berguna untuk . . . .
A. mengurangi dampak abrasi pantai oleh hantaman ombak
B. mengurangi populasi larva udang, capung, dan kepiting
C. mencegah banjir dan tanah longsor saat musim hujan
D. meningkatkan kesejahteraan penduduk pesisir
8. Upaya yang termasuk pencegahan banjir di kawasan perkotaan adalah . . . .
A. memperbanyak pembangunan permukiman penduduk
B. membersihkan saluran air dari sampah dan lumpur
C. membangun lapangan di pusat kota
D. menebang pepohonan di jalur hijau
9. Manfaat batang tebu bagi manusia adalah . . . .
A. bahan baku industri sirop dan gula pasir
B. fondasi bangunan rumah atau jembatan
C. bahan baku pembuat atap rumah
D. bahan baku pembuatan sampan
10. Perhatikan skema daur hidup hewan berikut!
Tahapan metamorfosis hewan yang menguntungkan bagi industri kain sutra ditunjukkan oleh angka . . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
11. Perhatikan gambar rangka manusia di bawah ini!
Jenis sendi yang terdapat pada bagian tubuh yang ditunjuk oleh angka 1 dan 2 berturut-turut, yaitu . . . .
A. putar dan peluru
B. engsel dan peluru
C. pelana dan engsel
D. pelana dan peluru
12. Fungsi bagian telinga yang ditunjuk anak panah pada gambar di bawah ini adalah . . . .
A. menangkap getaran bunyi
B. menjaga keseimbangan tekanan udara
C. mengolah dan meneruskan getaran ke otak
D. meneruskan getaran bunyi ke telinga bagian dalam
13. Perhatikan gambar sistem pernapasan di bawah!
Fungsi bagian yang ditunjuk oleh X adalah . . . .
A. tempat masuknya udara
B. tempat penyaringan udara tahap kedua
C. tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida
D. saluran keluar-masuknya udara dari dan ke paru-paru
14. Berikut merupakan penyakit yang menyerang sel-sel darah merah adalah . . . .
A. hepatitis
B. leukemia
C. hipertensi
D. diabetes melitus
15. Fungsi ginjal manusia adalah . . . .
A. menghasilkan sel darah merah
B. menyaring darah dan membentuk urine
C. menghasilkan enzim amilase dan lipase
D. memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh
16. Perhatikan tabel benda dan sifatnya berikut!
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan benda dan sifatnya yang tepat adalah . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
17. Perhatikan tabel kegiatan dan perubahan wujud yang terjadi berikut!
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan kegiatan dan perubahan wujud yang tepat adalah . . . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
18. Halaman pada buku tua biasanya rapuh dan tampak berbercak-bercak hitam. Hal tersebut dikarenakan . . . .
A. pertumbuhan jamur yang mengakibatkan pelapukan
B. aktivitas bakteri pembusuk yang memakan serat kertas
C. reaksi kimia antara udara dengan air yang menempel pada kertas
D. kertas yang sudah termakan usia akan menghasilkan bercak hitam
19. Perhatikan gambar berikut!
ciri khusus tersebut adalah . . . .
A. melindungi diri dari pemangsa
B. memudahkan menemukan mangsa
C. memudahkan menemukan pasangannya
D. mencegah hewan lain menjadi parasit di tubuhnya
2. Perhatikan gambar-gambar hewan berikut!
Berdasarkan jenis makanannya, kedua hewan tersebut dimasukkan ke dalam kelompok yang sama, yaitu . . . .
A. pemakan daun-daunan
B. pemakan biji-bijian
C. pemakan daging
D. pemakan nektar
3. Perhatikan rantai makanan berikut!
Makhluk hidup yang tepat untuk melengkapi (I), (II), dan (III) pada rantai makanan tersebut adalah
. . . .
A. (I): ulat, (II): ular, dan (III): sapi
B. (I): ulat, (II): ular, dan (III): burung elang
C. (I): ular, (II): ulat, dan (III): burung elang
D. (I): ayam, (II): ular, dan (III): burung merpati
4. Alasan terjadinya interaksi kedua makhluk hidup pada gambar berikut adalah . . . .
A. ikan badut akan memakan parasit yang menempel pada tentakel anemon, sedangkan anemon akan melindungi ikan badut dari pemangsa
B. ikan badut mendapatkan makanan dari kotoran anemon laut, sedangkan anemon laut dirugikan karena ikan badut membuang kotorannya di sekitarnya
C. ikan badut mendapatkan makanan dari anemon laut, sedangkan anemon laut diuntungkan karena parasit yang menempel dimakan oleh ikan badut
D. keberadaan ikan badut di dalam anemon laut dapat mengakibatkan kematian pada anemon karena anak ikan badut memakan anemon
5. Tumbuhan-tumbuhan berikut yang dapat dikembangbiakkan dengan cara menyetek dan tunas
adventif, yaitu . . . .
6. Kupu-kupu mencari makanan di lingkungan yang memiliki tumbuhan dengan bunga bermekaran. Cara penyesuaian diri kupu-kupu terhadap lingkungannya adalah . . . .
A. bentuk mulut seperti jarum untuk mengambil cairan buah
B. bentuk mulut seperti belalai untuk memudahkan mengambil nektar
C. bentuk kaki yang tebal dan lengket untuk merayap di dinding dan batang pohon
D. bentuk sayap seperti mata burung pemangsa untuk menakuti pemakan serangga
7. Melestarikan hutan bakau di kawasan pesisir sangat penting bagi lingkungan. Hal ini dikarenakan hutan bakau berguna untuk . . . .
A. mengurangi dampak abrasi pantai oleh hantaman ombak
B. mengurangi populasi larva udang, capung, dan kepiting
C. mencegah banjir dan tanah longsor saat musim hujan
D. meningkatkan kesejahteraan penduduk pesisir
8. Upaya yang termasuk pencegahan banjir di kawasan perkotaan adalah . . . .
A. memperbanyak pembangunan permukiman penduduk
B. membersihkan saluran air dari sampah dan lumpur
C. membangun lapangan di pusat kota
D. menebang pepohonan di jalur hijau
9. Manfaat batang tebu bagi manusia adalah . . . .
A. bahan baku industri sirop dan gula pasir
B. fondasi bangunan rumah atau jembatan
C. bahan baku pembuat atap rumah
D. bahan baku pembuatan sampan
10. Perhatikan skema daur hidup hewan berikut!
Tahapan metamorfosis hewan yang menguntungkan bagi industri kain sutra ditunjukkan oleh angka . . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
11. Perhatikan gambar rangka manusia di bawah ini!
Jenis sendi yang terdapat pada bagian tubuh yang ditunjuk oleh angka 1 dan 2 berturut-turut, yaitu . . . .
A. putar dan peluru
B. engsel dan peluru
C. pelana dan engsel
D. pelana dan peluru
12. Fungsi bagian telinga yang ditunjuk anak panah pada gambar di bawah ini adalah . . . .
A. menangkap getaran bunyi
B. menjaga keseimbangan tekanan udara
C. mengolah dan meneruskan getaran ke otak
D. meneruskan getaran bunyi ke telinga bagian dalam
13. Perhatikan gambar sistem pernapasan di bawah!
Fungsi bagian yang ditunjuk oleh X adalah . . . .
A. tempat masuknya udara
B. tempat penyaringan udara tahap kedua
C. tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida
D. saluran keluar-masuknya udara dari dan ke paru-paru
14. Berikut merupakan penyakit yang menyerang sel-sel darah merah adalah . . . .
A. hepatitis
B. leukemia
C. hipertensi
D. diabetes melitus
15. Fungsi ginjal manusia adalah . . . .
A. menghasilkan sel darah merah
B. menyaring darah dan membentuk urine
C. menghasilkan enzim amilase dan lipase
D. memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh
16. Perhatikan tabel benda dan sifatnya berikut!
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan benda dan sifatnya yang tepat adalah . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
17. Perhatikan tabel kegiatan dan perubahan wujud yang terjadi berikut!
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan kegiatan dan perubahan wujud yang tepat adalah . . . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
18. Halaman pada buku tua biasanya rapuh dan tampak berbercak-bercak hitam. Hal tersebut dikarenakan . . . .
A. pertumbuhan jamur yang mengakibatkan pelapukan
B. aktivitas bakteri pembusuk yang memakan serat kertas
C. reaksi kimia antara udara dengan air yang menempel pada kertas
D. kertas yang sudah termakan usia akan menghasilkan bercak hitam
19. Perhatikan gambar berikut!
Air di bagian permukaan daun lama-kelamaan akan bergerak ke bawah
kemudian jatuh ke tanah. Gaya yang bekerja pada air tersebut adalah . . .
.
A. gaya gesek
B. gaya pegas
C. gaya magnet
D. gaya gravitasi
20. Perhatikan kegiatan pada gambar berikut!
Pengaruh gaya yang diberikan pada bola sesuai kegiatan tersebut adalah . . . .
A. mempercepat gerak bola
B. memperlambat gerak bola
C. mengubah arah gerak bola
D. membuat bola diam menjadi bergerak
21. Perhatikan gambar berikut!
Bentuk energi yang dihasilkan benda tersebut saat digunakan adalah . . . .
A. energi gerak
B. energi bunyi
C. energi bunyi
D. energi cahaya
22. Perhatikan gambar berikut!
Benda yang mengalami perubahan energi yang sama adalah . . . .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
23. Berikut yang menunjukkan aktivitas yang menggunakan energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari adalah . . . .
24. Kegiatan yang dilakukan pada gambar di samping menunjukkan sikap . . . .
A. menghemat energi listrik setelah menonton televisi
B. mengurangi polusi suara saat menonton televisi
C. waspada terhadap bahaya kebakaran
D. menjaga ruangan agar tetap gelap
25. Saat berangkat ke kantor, Paman menyeberang perlintasan rel kereta dengan hati-hati. Paman melihat sambungan rel kereta dibuat bercelah. Alasan pemasangan sambungan rel yang dibuat bercelah adalah untuk . . . .
A. mencegah rel menyusut pada malam hari
B. mencegah rel melengkung saat terjadi pemuaian
C. mengurangi gaya gesek antara rel dengan roda kereta
D. mencegah timbulnya genangan air di dalam rel pada musim hujan
26. Benda berikut yang merupakan konduktor panas adalah . . . .
A. sudip kayu
B. sumpit bambu
C. sendok plastik
D. sendok stainless steel
27. Perpindahan panas secara radiasi terjadi pada peristiwa . . . .
A. ibu menjemur pakaian saat cuaca terik
B. koki memasak air dengan panci aluminium
C. ayah mengaduk air kopi panas dengan sendok logam
D. pembuangan uap panas dapur melalui cerobong asap
28. Benda berikut yang dapat meredam gaung dalam ruangan teater, yaitu . . . .
A. kaca dan logam
B. karet dan busa
C. kardus dan kaca
D. asbes dan plastik
29. Gitar dan kecapi merupakan alat musik yang memiliki senar sebagai sumber bunyinya. Alat musik tersebut dimainkan dengan cara . . . .
A. dipetik
B. digesek
C. dipukul
D. digetarkan
30. Sebelum berenang, Gina sempat melihat bayangan awan pada permukaan kolam. Hal tersebut menunjukkan salah satu sifat cahaya, yaitu dapat . . . .
A. dibiaskan
B. dipantulkan
C. merambat lurus
D. menembus benda bening
31. Perhatikan rangkaian listrik berikut!
Jika sakelar 1 (S1) dihubungkan dan sakelar 2 (S2) dilepas, lampu yang akan menyala dan lampu yang padam adalah . . . .
A. lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L5 dan lampu padam: L6
B. lampu menyala: L1, L2, L3, L5, L6 dan lampu padam: L4
C. lampu menyala: L1, L2, L4, L5, L6 dan lampu padam: L3
D. lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L6 dan lampu padam: L5
32. Perhatikan gambar di bawah!
Agar batang besi dapat menjadi magnet, sifat magnet dapat diberikan ke batang besi dengan cara . . . .
A. dipukul-pukul dengan magnet
B. digosok dengan magnet ke satu arah
C. ditempelkan magnet selama 15 menit
D. digosok dengan magnet secara bolak-balik
33. Rambut dari hewan di bawah ini dapat dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan . . . .
A. kain sutra
B. kain katun
C. benang wol
D. serat kapas
34. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, antara lain . . . .
A. serat sutra, udang windu, dan ikan bandeng
B. minyak bumi, emas putih, dan bijih besi
C. serat kapas, kayu gaharu, dan timah
D. batu bara, singkong, dan air
35. Dampak penambangan minyak bumi di daratan secara terus-menerus adalah . . . .
A. menurunnya populasi burung elang
B. menurunnya permukaan tanah
C. meningkatnya kualitas air bersih
D. meningkatnya kesuburan tanah
36. Dampak musim kemarau yang panjang akibat pemanasan global terhadap daur air adalah . . . .
A. perubahan musim menjadi teratur
B. naiknya permukaan air sungai, danau, dan laut
C. bertambahnya debit air sungai di daerah tertentu
D. air hujan yang turun ke permukaan Bumi menjadi berkurang
37. Waktu yang diperlukan Bulan untuk satu kali berputar pada porosnya sama dengan waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi Bumi. Hal itu menyebabkan . . . .
A. kenampakan sisi Bulan selalu sama jika dilihat dari Bumi
B. Matahari, Bulan, dan Bumi terletak satu garis
C. pasang naik dan pasang surut air laut
D. gerhana Bulan sebagian
38. Posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat terjadi gerhana Bulan sebagian ditunjukkan oleh gambar
. . . .
39. Perhatikan gambar tata surya berikut!
Planet yang ditunjukkan angka 1 dan 2 berturut-turut adalah . . . .
A. Merkurius dan Neptunus
B. Merkurius dan Uranus
C. Venus dan Yupiter
D. Bumi dan Uranus
40. Satu tahun pada kalender Hijriah terdiri dari 12 bulan. Satu bulan terdiri dari 29 atau 30 hari. Hal ini didasarkan pada perhitungan . . . .
A. perputaran Bumi pada sumbunya
B. perputaran Bulan pada sumbunya
C. perputaran Bumi mengelilingi Matahari
D. perputaran Bulan mengelilingi Bumi dan bersama Bumi mengelilingi Matahari
A. gaya gesek
B. gaya pegas
C. gaya magnet
D. gaya gravitasi
20. Perhatikan kegiatan pada gambar berikut!
Pengaruh gaya yang diberikan pada bola sesuai kegiatan tersebut adalah . . . .
A. mempercepat gerak bola
B. memperlambat gerak bola
C. mengubah arah gerak bola
D. membuat bola diam menjadi bergerak
21. Perhatikan gambar berikut!
Bentuk energi yang dihasilkan benda tersebut saat digunakan adalah . . . .
A. energi gerak
B. energi bunyi
C. energi bunyi
D. energi cahaya
22. Perhatikan gambar berikut!
Benda yang mengalami perubahan energi yang sama adalah . . . .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
23. Berikut yang menunjukkan aktivitas yang menggunakan energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari adalah . . . .
24. Kegiatan yang dilakukan pada gambar di samping menunjukkan sikap . . . .
A. menghemat energi listrik setelah menonton televisi
B. mengurangi polusi suara saat menonton televisi
C. waspada terhadap bahaya kebakaran
D. menjaga ruangan agar tetap gelap
25. Saat berangkat ke kantor, Paman menyeberang perlintasan rel kereta dengan hati-hati. Paman melihat sambungan rel kereta dibuat bercelah. Alasan pemasangan sambungan rel yang dibuat bercelah adalah untuk . . . .
A. mencegah rel menyusut pada malam hari
B. mencegah rel melengkung saat terjadi pemuaian
C. mengurangi gaya gesek antara rel dengan roda kereta
D. mencegah timbulnya genangan air di dalam rel pada musim hujan
26. Benda berikut yang merupakan konduktor panas adalah . . . .
A. sudip kayu
B. sumpit bambu
C. sendok plastik
D. sendok stainless steel
27. Perpindahan panas secara radiasi terjadi pada peristiwa . . . .
A. ibu menjemur pakaian saat cuaca terik
B. koki memasak air dengan panci aluminium
C. ayah mengaduk air kopi panas dengan sendok logam
D. pembuangan uap panas dapur melalui cerobong asap
28. Benda berikut yang dapat meredam gaung dalam ruangan teater, yaitu . . . .
A. kaca dan logam
B. karet dan busa
C. kardus dan kaca
D. asbes dan plastik
29. Gitar dan kecapi merupakan alat musik yang memiliki senar sebagai sumber bunyinya. Alat musik tersebut dimainkan dengan cara . . . .
A. dipetik
B. digesek
C. dipukul
D. digetarkan
30. Sebelum berenang, Gina sempat melihat bayangan awan pada permukaan kolam. Hal tersebut menunjukkan salah satu sifat cahaya, yaitu dapat . . . .
A. dibiaskan
B. dipantulkan
C. merambat lurus
D. menembus benda bening
31. Perhatikan rangkaian listrik berikut!
Jika sakelar 1 (S1) dihubungkan dan sakelar 2 (S2) dilepas, lampu yang akan menyala dan lampu yang padam adalah . . . .
A. lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L5 dan lampu padam: L6
B. lampu menyala: L1, L2, L3, L5, L6 dan lampu padam: L4
C. lampu menyala: L1, L2, L4, L5, L6 dan lampu padam: L3
D. lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L6 dan lampu padam: L5
32. Perhatikan gambar di bawah!
Agar batang besi dapat menjadi magnet, sifat magnet dapat diberikan ke batang besi dengan cara . . . .
A. dipukul-pukul dengan magnet
B. digosok dengan magnet ke satu arah
C. ditempelkan magnet selama 15 menit
D. digosok dengan magnet secara bolak-balik
33. Rambut dari hewan di bawah ini dapat dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan . . . .
A. kain sutra
B. kain katun
C. benang wol
D. serat kapas
34. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, antara lain . . . .
A. serat sutra, udang windu, dan ikan bandeng
B. minyak bumi, emas putih, dan bijih besi
C. serat kapas, kayu gaharu, dan timah
D. batu bara, singkong, dan air
35. Dampak penambangan minyak bumi di daratan secara terus-menerus adalah . . . .
A. menurunnya populasi burung elang
B. menurunnya permukaan tanah
C. meningkatnya kualitas air bersih
D. meningkatnya kesuburan tanah
36. Dampak musim kemarau yang panjang akibat pemanasan global terhadap daur air adalah . . . .
A. perubahan musim menjadi teratur
B. naiknya permukaan air sungai, danau, dan laut
C. bertambahnya debit air sungai di daerah tertentu
D. air hujan yang turun ke permukaan Bumi menjadi berkurang
37. Waktu yang diperlukan Bulan untuk satu kali berputar pada porosnya sama dengan waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi Bumi. Hal itu menyebabkan . . . .
A. kenampakan sisi Bulan selalu sama jika dilihat dari Bumi
B. Matahari, Bulan, dan Bumi terletak satu garis
C. pasang naik dan pasang surut air laut
D. gerhana Bulan sebagian
38. Posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat terjadi gerhana Bulan sebagian ditunjukkan oleh gambar
. . . .
39. Perhatikan gambar tata surya berikut!
Planet yang ditunjukkan angka 1 dan 2 berturut-turut adalah . . . .
A. Merkurius dan Neptunus
B. Merkurius dan Uranus
C. Venus dan Yupiter
D. Bumi dan Uranus
40. Satu tahun pada kalender Hijriah terdiri dari 12 bulan. Satu bulan terdiri dari 29 atau 30 hari. Hal ini didasarkan pada perhitungan . . . .
A. perputaran Bumi pada sumbunya
B. perputaran Bulan pada sumbunya
C. perputaran Bumi mengelilingi Matahari
D. perputaran Bulan mengelilingi Bumi dan bersama Bumi mengelilingi Matahari
sumber: http://www.websitependidikan.com/2017/07/40-soal-latihan-ujian-sekolah-us-ipa-sd-mi-dan-kunci-jawaban.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jangan Sungkan Untuk Menuliskan Komentar Anda.