Latihan Soal USBN IPA


LATIHAN SOAL USMBD IPA
Berdasarkan Kisi-Kisi 2016/2017 

Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat!

Indikator 1
Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu.
1.        Perhatikan ciri khusus tumbuhan di bawah ini!
1)      Bentuk daun menyerupai duri.
2)      Memiliki batang yang berongga.
3)      Memiliki daun yang lebar dan tipis.
4)      Batangnya tebal dan berlapis lilin.
5)      Memiliki banyak stomata atau mulut daun.
6)      Memiliki batang yang berupa jaringan spons.
Ciri tumbuhan yang hidup di lingkungan berair ditunjukkan pada nomor….
a.       1, 2, dan 3.
b.      1, 3, dan 4.
c.       2, 3, dan 5.
d.      2, 4, dan 6.
Indikator 2
Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut.
2.        Cermati tabel berikut ini!
Bagian Tubuh Hewan
Fungsi
1.
Tempurung kura-kura
A
Mencengkram mangsa.
2.
Kaki brung elang
B
Mengais tanah saat mencari makanan.
3.
Ekor ikan.
C
Untuk membantu berbelok.
4.
Antena semut
D
Melindungi diri
Pasangan yang tepat antara bagian tubuh hewan dan fungsinya adalah….
a.        1 – C, 2 – A, 3 – D, dan 4 – B.
b.       1 – C, 2 – B, 3 – A, dan 4 – D.
c.        1 – D, 2 – A, 3 – C, dan 4 – B.
d.       1 – D, 2 – B, 3 – C, dan 4 – A.

Indikator 3
Menentukan dasar pengelompokan hewan.
3.        Perhatikan tabel berikut ini!
Hewan A
Hewan B
Itik
Ayam
Musang
Elang
Monyet
Katak
Tikus
Platipus
Hewan tersebut di atas dapat digolongkan dalam kelompok yang sama berdasarkan….
a.       hewan A: cara bergeraknya, hewan B : jenis makanannya.
b.      hewan A: penutup tubuhnya, hewan B : tempat hidupnya.
c.       hewan A : jenis makanannya,  hewan B : tempat hidupnya.
d.      hewan A : jenis makanannya, hewan B : cara berkembangbiaknya.

Indikator 4
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar.

4.        Perhatikan gambar hewan di bawah ini!











Kelompok hewan yang jenis makanannya sama ditunjukkan pada nomor….
Kelompok A
Kelompok B
Kelompok C
Kelompok D
a.
1, 5
3, 7
4, 6
2, 8
b.
1, 5
2, 6
3, 7
4, 8
c.
1, 8
3, 6
5, 7
2, 4
d.
1, 8
3, 7
4, 6
2, 5

Indikator 5
Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel.
5.        Perhtikan tabel berikut ini!
Nama Hewan
Jenis Makanannya
1.
Burung kolibri
p.
Serangga
2.
Bunglon
q.
Ikan dan udang
3.
Rusa
r.
Nektar
4.
Burung bangau
s.
Rerumputan
Pasangan yang tepat antara nama hewan dan jenis makanannya adalah….
a.       1 – p, 2 – r, 3 – s, 4 – q.
b.      1 – q, 2 – r, 3 – p, 4 – s.
c.       1 – r, 2 – p, 3 – s, 4 – q.
d.      1 – s, 2 – p, 3 – r, 4 – q.

Indikator 6
Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu.
6.        Perhatikan tabel di bawah ini!
Rantai Makanan
Ekosistem
K.
Padi à ulat à ayam à ular à pengurai.
Padang rumput.
L.
Fitoplankton à zooplankton à ikan kecil à ikan hiu à bakteri
Laut
M.
Alga à Serangga air à katak à bangau à pengurai.
Danau
N.
Padi à belalang à katak à ular à pengurai.
Kebun
Pasangan yang tepat antara rantai makanan dan ekosistem ditunjukkan pada huruf….
a.       K dan L.
b.      K dan M
c.       L dan M.
d.      M dan N.

Indikator 7
Menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap.
7.        Perhatikan rantai makanan di bawah ini!






Hewan yang tepat untuk mengganti huruf P dan Q pada rantai makanan di atas adalah…
a.       ulat dan katak.
b.      belalang dan ular.
c.       ular dan burung pipit.
d.      katak dan ular.

Indikator 8
Menentukan peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar.
8.        Perhatikan gambar di bawah ini!



Peran ular dan belalang pada rantai makanan tersebut, yaitu….
a.       konsumen I dan konsumen II.
b.      konsumen II dan konsumen III.
c.       konsumen III dan produsen.
d.      konsumen III dan konsumen I.

Indikator  9
Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat.
9.        Dalam suatu rantai makanan terdapat padi, elang, tikus, ular, dan pengurai. Karena keberadaan tikus menjadi hama perusak tanaman padi. Maka para petani membasmi populasi tikus tersebut tanpa memikirkan akibat yang ditimbulkan di kemudian hari. Berikut ini yang termasuk akibat dari pembasmian populasi tikus tersebut adalah….
a.       hasil panen menjadi berkurang.
b.      ular memperoleh banyak makananya.
c.       burung elang menjadi satu-satunya mangsa ular.
d.      ular menjadi kekurangan makanan.

Indikator 10
Memberikan contoh hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis).
1.        Bacalah pernyataan di bawah ini dengan cermat!
  1.  Cacing pita hidup di tubuh manusia.
  2.   Tumbuhan paku menempel pada pohon mangga.
  3.   Ikan badut dengan anemon laut.
  4.   Burung jalak dengan kerbau.
  5.   Bunga raflesia menempel pada akar pohon.
  6.  Tanaman sirih yang membelit batang pohon.
  7.  Bakteri E. Colly di usus besar manusia.
  8.  Ikan hiu dengan ikan remora.
  9.  Tali putri di tanaman teh-tehan.

      Pasangan simbiosis yang tepat yaitu….

Mutualisme
Komensalisme
Parasitisme
a.
1, 3, 4
2, 6, 8
5, 7, 9
b.
2, 4, 7
3, 5, 9
1, 6, 8
c.
3, 4, 7
2, 6, 8
1, 5, 9
d.
3, 5, 6
1, 2, 9
4, 7, 8

Indikator  11
Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh yang diberikan.

11. Perhatikan gambar di bawah ini!

    Pada gambar di samping menunjukkan suatu interaksi antara ikan badut dengan anemon laut. Interaksi yang terjadi antara ikan badut dengan anemon laut adalah….




a. ikan badut diuntungkan karena mendapat makanan berupa bagian tubuh anemon laut, sedangkan anemon laut dirugikan karena bagian tubuhnya dimakan ikan badut.
b. ikan badut diuntungkan karena terhidar dari pemangsa, sedangkan anemon laut tidak diuntungkan maupun dirugikan dari keberadaan ikan badut.
c. anemon laut diuntungkan karena parasit ditubuhnya berkurang dan ikan badut juga diuntungkan terhindar dari pemangsa.
d. anemon laut diuntungkan karena mendapat makanan dari ikan badut, sedangkan ikan badut tidak diuntungkan maupun dirugikan dari keberadaan anemon laut.


Indikator  12
Memberikan contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan berdasarkan ilustrasi/gambar cara perkembangbiakan.
12.     

Perhatikan gambar tumbuhan berikut ini!






Secara berurutan cara perkembangbiakan tumbuhan di atas adalah….
a.       A . stek pucuk, B. enten, C. umbi batang.
b.      A . tunas adventif, B. merunduk, C. umbi batang.
c.       A . stek pucuk, B. okulasi, C. umbi akar.
d.      A . tunas adventif, B. merunduk, C. umbi akar.


Indikator  13
Memberikan dua contoh hewan yang berkembang biak dengan cara tertentu.
13.        Bacalah daftar hewan di bawah ini!
1)   Ikan lele
2)   Ular sawah
3)   Kadal
4)   Platipus
5)   Kelawar
6)   Ikan pari
Dari daftar hewan di atas yang berkembangbiak secara ovovivipar adalah nomor….
a.       1 dan 2.
b.      2 dan 5
c.       3 dan 4
d.      3 dan 6

Indikator  14
Menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan 
cara perkembangbiakannya.
14.        Perhatikan tabel di bawah ini!
Hewan/Tumbuhan
Cara Berkembangbiak
P.
Cacing planaria
1.
Tunas
Q.
Hydra
2.
Rhizoma
R.
Arbei
3.
Stolon
S.
Kunyit
4.
Fragmentasi
Pasangan yang tepat antara hewan/tumbuhan dengan cara berkembangbiak 
ditunjukkan pada….
a.       P-4, Q-1, R-3, S-2.
b.      P-4, Q-3, R-1, S-2.
c.       P-3, Q-1, R-2, S-3.
d.      P-2, Q-3, R-4, S-1.

Indikator  15
Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi.
15.   Bebek mencari makanan di tempat yang berair dan berlumpur. Cara penyesuaian diri bebek terhadap lingkungannya yaitu….
a.       memiliki leher yang panjang.
b.      memiliki kaki berselaput.
c.       memiliki paruh berbentuk sudu.
d.      bulu yang dilapisi minyak.

Indikator 16
Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu.
16.   Untuk mempertahankan hidup setiap tumbuhan harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Setiap tanaman memiliki cara beradaptasi yang berbeda-beda. Contohnya tanaman jagung beradaptasi dengan menggulungkan daunnya di saat cuaca panas. Tujuan tanaman jagung menggulungkan daun pada cuaca panas adalah….
a.       mempercepat penguapan.
b.      mengurangi penguapan.
c.       menghindari serangan hama.
d.      membantu proses fotosintesis.

Indikator  17
Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.
17.        Perhatikan tabel di bawah ini!
No
Tumbuhan
Cara Adaptasi dan Fungsinya
1
Burung hantu.
Kemampuan ekolokasi untuk mencari makanan.
2
Belalang daun.
Kemampuan kamuflase untuk mengelabuhi pemangsa.
3
Unta
untuk menyimpan cadangan makanan dalam bentuk lemak.
4
Trenggiling.
Berpura-pura mati untuk menarik perhatian lawan jenis.
Pasangan yang benar antara hewan, ciri khusus, dan fungsinya ditunjukkan pada nomor....
a.    1 dan 2.                                   c.   2 dan 3.
b.    1 dan 3.                                   d.   3 dan 4.


Indikator  18
Menjelaskan cara melestarikan sumber daya alam tertentu berdasarkan kasus di suatu daerah. 

18. Sering kali Jakarta mengalami bencana banjir. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah banjir di kota tersebut adalah….
     a.  menutup semua lahan kosong dengan paving.
     b.  melakukan pendangkalan sungai di sekitar kota tersebut.
     c.  menambah ruang terbuka hijau sebagai daerah resapan air.
     d.  melarang warga melakukan pembangunan.

Indikator  19
Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan/sumber daya alam di suatu daerah.
19.  Gajah merupakan salah satu satwa yang dilindungi pemerintah di Way Kambas. Tujuan pemerintah melindungi satwa tersebut adalah untuk….
a.       menambah pendapatan daerah melalui pariwisata.
b.      diambil gadingnya untuk bahan kerajinan.
c.       menjaga kelestarian gajah dari kepunahan.
d.      dijadikan pemain sirkus di taman hiburan.
Indikator  20
Menjelaskan akibat dari kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan.
20.    Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1)      Banjir.
2)      Longsor.
3)      Kebakaran.
4)      Pencemaran air.
5)      Tsunami.
6)      Ikan di sungai mati keracunan.
Akibat yang dapat ditimbulkan dari kegiatan manusia membuang sampah di sungai ditunjukkan pada nomor….
a.       1, 2, dan 4.                                         c.  1, 5, dan 6.
b.      1, 4, dan 6.                                         d.  2, 3, dan 5

Indikator  21
Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, atau banjir berdasarkan kasus yang disajikan.
21.    Salah satu cara untuk mencegah terjadinya abrasi yaitu….
a.       Mengambil terumbu karang untuk dijual.
b.      Melakukan penanaman pohon bakau di sepanjang pantai.
c.       Menambang pasir pantai secara besar-besaran.
d.      Membuka tambak di sepanjang pantai.

Indikator  22
Menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan.
22.    Perhatikan tabel berikut ini!
Bagian Tumbuhan
Fungsi
1.    Bunga
K.  tempat terjadinya fotosintesis.
2.     Akar
L.  menyerap air dan zat hara.
3.     Batang
M. sebagai alat perkembangbiakan.
4.     Daun
N.  mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh ubuh tumbuhan
Pasangan yang tepat antara bagian tumbuhan dan fungsinya ditunjukkan pada….
a.       1 – K, 2 – L, 3 – N, 4 – M.
b.      1 -  L, 2 – K, 3 – M, 2 – N.
c.       1 – M, 2 – L, 3 – N, 4 – K.
d.      1 – M, 2 – K, 3 – L, 4 – N.


Indikator  23
Menjelaskan manfaat bagian tubuh tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia.
23.    Perhatikan tabel di bawah ini!
Bagian Tumbuhan
Manfaat
P.
Getah pinus
Untuk bahan terpentin industri cat
Q.
Kulit cendana
Untuk penyedap makanan.
R.
Batang sagu
Untuk bahan bangunan.
S.
Daun suji
Sebagai bahan pewarna makanan
Pasangan yang tepat antara bagian tumbuhan dengan manfaatnya ditunjukkan pada huruf….
a.       P dan Q    
b.   Q dan S
c.    P dan S
d.   R dan S

Indikator  24
Mengidentifikasi hewan yang mengalami daur hidup seperti tampak pada gambar/diagram.
24.    Perhatikan diagram di bawah ini!

Hewan yang mengalami daur hidup seperti diagram di atas adalah….
a.       lalat, kupu-kupu, dan nyamuk.                     
b.      kupu-kupu, lipas, dan capung.
c.       nyamuk, lipas, dan jangkrik              
d.      lipas, belalang, dan capung.

Indikator  25
Menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan manusia berdasarkan ilustrasi.
25.   
Perhatikan gamba berikut ini!



Dari daur hidup hewan di atas yang merugikan manusia terdapat pada….
a.       (a) dan 1                                 c.   (d) dan 2
b.      (b) dan 2                                 d.   (d) dan 4

Indikator  26
Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
26.    Perhatikan gambar rangka di bawah ini!
 

Sendi yang ditunjukkan oleh huruf I dan J secara berurutan adalah….
a.  sendi engsel dan sendi putar.
b.  sendi putar dan sendi peluru.
c.  sendi peluru dan sendi engsel.
d.  sendi peluru dan sendi pelana

Indikator  27
Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar.
27.    Perhatikan gambar berikut ini! 
Arah gerakan sendi yang ditunjukkan pada huruf X adalah….
a.         satu arah.
b.        dua arah
c.         berputar
d.        semua arah.





Indikator  28
Menjelaskan fungsi bagian rangka yang disajikan dalam gambar.

28.    Perhatikan gambar di bawah ini!



Fungsi bagian rangka manusia pada gambar di atas yaitu….
a.    melindungi organ reproduksi dan penyangga tulang tengkorak.
b.    melindungi hati dan usus dan penyangga tulang tengkorak.
c.    melindungi jantung, paru-paru dan menegakkan tubuh.
d.   sebagai alat gerak aktif dan melindungi otak.

Indikator  29
Mengidentifikasi bagian yang ditunjuk pada gambar sistem organ sesuai dengan fungsinya.

29. Perhatikan gambar di bawah ini!
Fungsi organ yang ditunjukkan nomor 1 dan 4 secara berurutan adalah . . . .


a. Mengubah zat tepung menjadi asam amino dan menyerap air dan mineral.
b. Mengubah zat tepung menjadi zat gula dan membusukan sisa pencernakan.
c. Mengubah protein menjadi asam amino dan menyerap sari-sari makanan.

d. Mengubah lemak menjadi asam lemak dan membunuh bibit penyakit.
Indikator  30
Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu .
30. Gangguan organ peredaran darah yang ditandai dengan menurunnya tekanan darah dalam tubuh dan darah sukar membeku jika terjadi luka adalah penyakit….
      a. hipotensi dan hemofilia. c.   hipertensi dan leukimia.
      b. hipertensi dan hemofilia. d.    hipotensi dan varises.
Indikator  31
Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel.
31. Perhatikan tabel di bawah ini!
.
Pasangan yang tepat antara nama benda dan sifat benda adalah….
a. 1 – e, 2 – g, 3 – h, 4 – f. c.   1 – g, 2 – f, 3 – h, 4 – e.
b. 1 – f, 2 – e, 3 – h, 4 – g d.   1 – g, 2 – e, 3 – h, 4 – f.
Indikator  32
Menentukan pasangan yang tepat pada tabel contoh kegiatan dan perubahan wujud benda yang terjadi. 
32. Perhatikan tabel di bawah ini!
Pasangan yang tepat antara kegiatan yang dilakukandengan perubahan wujud yang terjadi ditunjukkan pada….
a. P – 1, Q – 3, R – 4, S - 2
b. P – 2, Q – 1, R – 4, S - 3
c. P – 2, Q – 3, R – 4, S - 1
d. P – 4, Q – 1, R – 2, S - 3
Indikator  33
Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan).
33. Peniti telah digunakan kemudian diletakkan dalam udara terbuka lama kelamaan akan terlihat warna oranye dan berserbuk pada bagian permukaannya. Hal ini disebabkan….
a. Pertumbuhan jamur pada peniti tersebut yang mengakibatkan peniti berwarna oranye.
b. Ada pertumbuhan mikroorganisme khusus yang menyebabkan peniti tersebut menghasilkan serbuk dan berwarna oranye.
c. Proses perkaratan pada peniti yang bereaksi dengan udara.
d. Aktivitas jamur yang menyebabkan pembusukan pada peniti tersebut.


Indikator  34
Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar.
34. Perhatikan gambar beikut ini!
Gaya yang dimanfaatkan pada kegiatan I, II, dan III secara berurutan adalah….
a. Gaya pegas, gaya gesek, dan gaya magnet.
b. Gaya pegas, gaya gesek, dan gaya gravitasi.
c. Gaya dorongan, gaya pegas, gaya magnet.
d. Gaya tarikan, gaya mesin, gaya gravitasi.

Indikator  35
Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan gaya dapat mengubah gerak, arah , atau bentuk benda.
35. Perhatikanlah tabel di bawah ini!
Pasangan yang tepat antara gambar gaya dan pengaruh gaya terhadap benda adalah . . . .
a. 1K, 2M, 3L c.   1M, 2L, 3K
b. 1M, 2K, 3L d.   1L, 2K, 3M
Indikator  36
Menentukan bentuk energi pada alat/benda saat digunakan berdasarkan gambar.

Bentuk energi yang digunakan untuk mengoperasikan alat seperti gambar di samping adalah…
a. listrik
b. kimia
c. cahaya
d. suara dan gambar.
Indikator  37
Menentukan alat-alat yang mempunyai perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan.
37. Perhatikan gambar di bawah ini







Peralatan listrik di atas yang memiliki perubahan energi yang sama saat 
digunakan yaitu….
Kelompok I
Kelompok II
Kelompok III
Kelompok IV
a.
1 dan 3
2 dan 6
4 dan 5
7 dan 8
b.
1 dan 3
2 dan 7
4 dan 6
5 dan 8
c.
1 dan 4
2 dan 7
5 dan 6
3 dan 8
d.
1 dan 6
2 dan 3
4 dan 8
5 dan 7

Indikator  38
Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari. 
38. Cahaya matahari merupakan sumber energi terbesar di bumi. Keberadaannya sekarang ini digunakan sebagai energi alternatif. Gambar kegiatan manusia yang memanfaatkan energi alternatif ditunjukkan pada gambar …..
Indikator  39
Menentukan cara menghemat energi berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan energi.
39. Bahan bakar fosil termasuk bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui. Jika kita tidak menghematnya, maka bahan bakar tersebut lama  kelamaan akan habis. Berikut ini salah satu upaya menghemat bahan bakar fosil adalah….
a. menggunakan sepeda motor ketika berpergian agar menghemat waktu.
b. menggunakan kendaraan umum jika berpergian.
c. menggunakan sepeda untuk berpergian ke manapun.
d. selalu berpergian dengan kendaraan pribadi.
Indikator  40
Menjelaskan penerapan kegiatan yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan
Dua buah gelas A dan B tersusun seperti gambar I sulit untuk dipisahkan. Kemudian susunan gelas A dan B dimasukkan ke dalam air panas seperti gambar II, ternyata kedua gelas tersebut menjadi mudah dipisahkan. Hal ini terjadi karena ….
a. gelas A memuai lebih dulu daripada gelas B
b. gelas B memuai lebih dulu daripada gelas A
c. gelas A menyusut, gelas B memuai
d. gelas A memuai, gelas B menyusut
Indikator  41
Menunjukkan bagian alat rumah tangga yang berfungsi sebagai konduktor/isolator berdasarkan gambar
41. Perhatikan gambar peralatan berikut ini!
Pasangan yang tepat yang termasuk konduktor dan isolator panas 
ditunjukkan oleh nomor….
Konduktor
Isolator
a.
A dan 1
B dan 2
b.
A dan 2
B dan 1
c.
A dan B
1 dan 2
d.
1 dan 2
A dan B
Indikator 42
Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas.
42. Cermati daftar benda berikut ini!
1) Kayu 5)  Aluminium
2) Kain 6)  Plastik
3) Kaca 7)  Tembaga 
4) Ebonit 8)  Baja 
Pengelompokkan yang tepat berdasarkan kemampun menghantarkan panas yaitu….
Konduktor
Isolator
a.
1, 2, 4, 6
3, 5, 7, 8
b.
1, 5, 4, 8
2, 3, 6, 7
c.
3, 5, 7, 8
1, 2, 4, 6
d.
4, 5, 7, 8
1, 2, 3, 6
Indikator  43
Menyebutkan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari.
43. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Ujung logam akan terasa panas jika ujung yang lain dipanaskan.
2. Panas matahari yang sampai ke bumi.
3. Gerakan naik turunnya kacang hijau, beras, kedelai saat direbus.
4. Terjadinya angin darat dan angin laut.
5.  Kita terasa hangat saat dekat api unggun. 
6. Mentega akan meleleh ketika diletakkan di wajan yang tengah dipanaskan.
Pernyataan di bawah ini yang tepat ditunjukkan pada huruf . . . 
No
Konduksi
Konveksi
Radiasi
a.
1 dan 2
4 dan 6
3 dan 5
b.
1 dan 4
2 dan 3
5 dan 6
c.
1 dan 5
3 dan 4
2 dan 6
d.
1 dan 6
3 dan 4
2 dan 5
Indikator  44
Menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung.
44. Perhatikan jenis bahan-bahan di bawah ini!
1) Kaca 4)   Busa
2) Gabus 5)   Seng
3) Aluminium 6)   Karpet
Dari bahan di atas yang dapat dimanfaatkan untuk melapisi dinding agar tidak terjadi gaung ditunjukkan pada nomor….
a. 1, 4, dan 5
b. 2, 4, dan 6
c. 2, 5, dan 6
d. 3, 4, dan 6

Indikator  45
Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan).
45. Cermati tabel di berikut ini!
Alat Musik
Cara Memainkan
1.
Kecapi
p.
Digesek
2.
Angklung
q.
Dipetik
3.
Biola
r.
Ditiup
4.
Recorder
s.
Digoyang
Pasangan alat musik dengan cara memainkannya yang tepat ditunjukkan pada nomor….
a. 1 – p, 2 – s, 3 – q, 4 – r.
b. 1 – p, 2 – q, 3 – r, 4 – s.
c. 1 – q, 2 – s, 3 – p, 4 – r
d. 1 – q, 2 – r, 3 – s, 4 – p 

Indikator  46
Menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar.
46. Perhatikan gambar berikut ini!
Manakah gambar bayang-bayang yang tepat setelah  matahari berpindah posisi?
Indikator  47
Menjelaskan sifat cahaya berdasarkan ilustrasi suatu kegiatan/ gambar.
47. Perhatikanlah gambar di bawah ini!
Sesuai dengan gambar di atas, secara berurutan membuktikan bahwa cahaya . . . .
a. 1. dapat dipantulkan, 2. dapat dibiaskan, 3. merambat lurus
b. 1. dapat dipantulkan, 2. dapat dibiaskan, 3. dapat diuraikan
c. 1. dapat dibiaskan, 2. dapat menembus benda bening, 3. merambat lurus
d. 1. dapat dibiaskan, 2. dapat menembus benda bening, 3. Dapat diuraikan

Indikator  48
Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar.

48. Perhatikan rangkaian listrik berikut ini!



Berdasarkan rangkaian listrik di atas, maka yang akan terjadi adalah….

Saklar
Lampu
S1
S2
L1
L2
L3
L4
L5
a.
Diputus
Disambung
menyala
padam
menyala
menyala
menyala
b.
Diputus
Disambung
padam
Menyala
padam
padam
padam
c.
Disambung
Diputus
menyala
menyala
menyala
menyala
padam
d.
Disambung
Diputus
menyala
menyala
padam
padam
menyala

Indikator  49
Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar.

49. Perhatikan gambar di bawah ini!








Cara membuat magnet sesuai dengan gambar A, B, dan C secara berurutan adalah….
a. gosokan, elektromagnet, induksi.
b. imbas, gosokan, induksi.
c. induksi, gosokan, elektromagnetik.
d. gosokan, induksi, elektrogmanetik.


Indikator  50
Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar. 

50. Perhatikan gambar di bawah ini!

Pemanfaatan sumber daya alam yang tepat sesuai dengan gambar di atas adalah….
a. P untuk bahan sandang, Q untuk bahan makanan
b. P untuk bahan makanan, Q untuk bahan bangunan
c. P untuk bahan sandang, Q untuk bahan bangunan
d. P untuk bahan obat-obatan, Q untuk bahan makanan


Indikator  51
Menentukan beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui.

51. Perhatikan daftar sumber daya alam di bawah ini!
1) Emas 5) Avtur
2) Mutiara 6) Intan
3) Serat sutra 7) Pohon Jati
4) Batu bara 8) Kelapa sawit

Dari daftar sumber daya alam di atas jika dikelompokan menurut dapat atau tidaknya sumber daya tersebut diperbaharui menjadi….
Sumber Daya Alam Dapat Diperbarui
Sumber Daya Alam Tidak Dapat Diperbarui
a.
1 – 3 – 7 – 8
2 – 4 – 5 – 6
b.
1 – 6 – 7 – 8
2 – 3 – 4 – 5
c.
2 – 3 – 7 – 8
1 – 4 – 5 – 6
d.
3 – 6 – 7 – 8
1 – 2 – 4 – 5

Indikator  52
Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.
48.    Perhatikan tabel di bawah ini!
Kegiatan Manusia
Dampak Terhadap Lingkungan
1.
Menangkap ikan dengan bahan peledak.
A
Punahnya habitat hewan di hutan.
2.
Menggunakan pupuk kimia berlebihan
B
Ekosistem laut menjadi rusak.
3.
Membuka hutan untuk lahan pertanian.
C
Menyebabkan abrasi.
4.
Penambangan pasih di pesisir pantai
D
Peningkatan populasi enceng gondok secara tidak terkendali
Pasangan yang tepat antara kegiatan manusia dan dampak terhadap lingkungan adalah….
a.       1A, 2D, 3B, dan 4C
b.      1B, 2D, 3A, dan 4C
c.       1B, 2A, 3C, dan 4D

d.      1C, 2B, 3A, dan 4D

Indikator  53
Menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar.

53. Perhatikan gambar daur air di bawah ini!




Tahapan daur air yang tepat adalah ....
a. 1 = kondensasi, 2 = evaporasi, 3 = presipitasi, dan 4 = transpirasi
b. 1 = kondensasi, 2 = prsipitasi, 3 = transpirasi, dan 4 = evaporasi
c. 1 = evaporasi, 2 = kondensasi, 3 = presipitasi, dan 4 = transpirasi
d. 1 = evaporasi, 2 = presipitasi, 3 = kondensasi, dan 4 = transpirasi

Indikator  54
Menjelaskan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air.

54. Bacalah dengan teliti pernyataan – pernyataan di bawah ini!
a) Membuang limbah deterjen di perairan.
b) Membuat bendungan untuk menampung air hujan.
c) Mendirikan pemukiman di sekitar sungai agar mudah mendapatkan air.
d) Memaving seluruh permukaan tanah di sekitar rumah kita.
e) Memanami pepohonan di sekitar rumah kita.
f) Menghilangkan lahan resapan air.

Dari kegiatan di atas yang bisa mengganggu daur air ditunjukkan pada huruf….
a. a) – b) – c) – d)
b. a) – c) – d) – e)
c. a) – c) – d) – f)
d. b) – c) – d) – f)


Indiktor  55
Menjelaskan akibat gerakan bumi/ bulan terhadap matahari.

55. Perhatikan peristiwa-peristiwa di bawah ini!
1) Gerak semu harian matahari.
2) Terjadi gerak semu tahunan matahari.
3) Terjadi siang dan malam.
4) Pergantian musim di daerah belahan bumi Utara dan Selatan.
5) Perbedaan waktu di berbagai daerah.
6) Perubahan penampakan rasi bintang.

Dari pernyataan-pernyataan di atas jika dikelompok berdasarkan gerakan bumi, maka pasangan yang tepat adalah….
Akibat Rotasi Bumi
Akibat Revolusi Bumi
a.
1 – 3 – 5
2– 4 – 6
b.
1 – 3 – 6
2 – 5 – 5
c.
1 – 4 – 5
2 – 3 – 6
d.
2 – 4 – 6
1 – 3 – 5
Indikator  56
Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan.

56. Perhatikan gambar berikut ini!









Gerhana bulan total terjadi ketika bulan pada posisi nomor….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4


Indikator  57
Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya.

57. Perhatikan gambar di bawah ini!


Nama planet yang ditunjukkan pada nomor 1, 2, dan 3 secara berurutan adalah….
a. Bumi – Saturnus – Neptunus
b. Bumi – Saturnus – Uranus
c. Mars – Saturnus – Neptunus
d. Mars – Uranus -  Neptunus


Indikator  58
Menentukan nama planet berdasarkan ciri-cirinya.

58. Perhatikan tabel di berikut ini!
Nama Planet
Ciri-Ciri Planet
1.
Merkurius
p.
Memiliki cincin, planet yang paling ringan, satelit terbesarnya bernama Titan
2.
Bumi
q.
Mendapat julukan “Bintang Kejora”, kala rotasinya paling lama, arah rotasinya searah jarum jam.
3.
Saturnus
r.
Planet yang berwarna biru, planet yang ada kehidupannya, memiliki satelit yang bernama “Bulan”. Memiliki atmosfer.
4.
Neptunus
s.
Planet yang paling jauh dengan matahari, kala revolusinya paling lama, dikenal dengan sebutan planet Pembuat Ulah.
Indikator  59
Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah.

59. Tahun Hijriah lebih cepat 11 hari daripada tahun Masehi. Dampaknya umat Islam merayakan hari besarnya selalu berubah-ubah lebih cepat 11 hari dari tahun sebelumnya pada Tahun Masehi.

Selisih perbedaan hari tersebut disebabkan oleh....
a. sebelas kali revolusi bulan jumlahnya harinya lebih sedikit 12 hari dibanding sekali revolusi bumi.
b. dua belas kali revolusi bulan jumlah harinya lebih banyak 11 hari dibanding sekali revolusi bumi.
c. sekali revolusi bumi jumlah harinya lebih banyak 11 hari dibanding jumlah hari 12 kali revolusi bulan.
d. sekali revolusi bumi jumlah harinya lebih sedikit 11 hari dibanding 12 kali revolusi bulan


Sumber: https://banksoalcom.blogspot.co.id/2017/02/soal-try-out-usm-ipa-sd-terbaru-paket-1.html

http://ainamulyana.blogspot.com/2012/02/soal-latihan-usbn-ipa-sd-mi-tahun-2018.html

http://ainamulyana.blogspot.com/2012/03/latihan-online-soal-uasbn-usbn-ipa-sd.html

DOWNLOAD Soal Try Out USMBD 2015 Jakarta Barat



1. Ikan kerapu memiliki bentuk kulit yang menyerupai dengan batuan karang di sekitarnya. Fungsi
ciri khusus tersebut adalah . . . .
A. melindungi diri dari pemangsa
B. memudahkan menemukan mangsa
C. memudahkan menemukan pasangannya
D. mencegah hewan lain menjadi parasit di tubuhnya

2. Perhatikan gambar-gambar hewan berikut!
40 Soal Latihan Ujian Sekolah (US) IPA SD/MI  dan Kunci Jawaban
Berdasarkan jenis makanannya, kedua hewan tersebut dimasukkan ke dalam kelompok yang sama, yaitu . . . .
A. pemakan daun-daunan
B. pemakan biji-bijian
C. pemakan daging
D. pemakan nektar

3. Perhatikan rantai makanan berikut!
rantai makanan

Makhluk hidup yang tepat untuk melengkapi (I), (II), dan (III) pada rantai makanan tersebut adalah
. . . .
A. (I): ulat, (II): ular, dan (III): sapi
B. (I): ulat, (II): ular, dan (III): burung elang
C. (I): ular, (II): ulat, dan (III): burung elang
D. (I): ayam, (II): ular, dan (III): burung merpati

4. Alasan terjadinya interaksi kedua makhluk hidup pada gambar berikut adalah . . . .
simbiosis ikan badut dengan anemon laut

A. ikan badut akan memakan parasit yang menempel pada tentakel anemon, sedangkan anemon akan melindungi ikan badut dari pemangsa
B. ikan badut mendapatkan makanan dari kotoran anemon laut, sedangkan anemon laut dirugikan karena ikan badut membuang kotorannya di sekitarnya
C. ikan badut mendapatkan makanan dari anemon laut, sedangkan anemon laut diuntungkan karena parasit yang menempel dimakan oleh ikan badut
D. keberadaan ikan badut di dalam anemon laut dapat mengakibatkan kematian pada anemon karena anak ikan badut memakan anemon

5. Tumbuhan-tumbuhan berikut yang dapat dikembangbiakkan dengan cara menyetek dan tunas
adventif, yaitu . . . .
contoh perkembangbiakkan tumbuhan dengan cara menyetek dan tunas adventif

6. Kupu-kupu mencari makanan di lingkungan yang memiliki tumbuhan dengan bunga bermekaran. Cara penyesuaian diri kupu-kupu terhadap lingkungannya adalah . . . .
A. bentuk mulut seperti jarum untuk mengambil cairan buah
B. bentuk mulut seperti belalai untuk memudahkan mengambil nektar
C. bentuk kaki yang tebal dan lengket untuk merayap di dinding dan batang pohon
D. bentuk sayap seperti mata burung pemangsa untuk menakuti pemakan serangga

7. Melestarikan hutan bakau di kawasan pesisir sangat penting bagi lingkungan. Hal ini dikarenakan hutan bakau berguna untuk . . . .
A. mengurangi dampak abrasi pantai oleh hantaman ombak
B. mengurangi populasi larva udang, capung, dan kepiting
C. mencegah banjir dan tanah longsor saat musim hujan
D. meningkatkan kesejahteraan penduduk pesisir

8. Upaya yang termasuk pencegahan banjir di kawasan perkotaan adalah . . . .
A. memperbanyak pembangunan permukiman penduduk
B. membersihkan saluran air dari sampah dan lumpur
C. membangun lapangan di pusat kota
D. menebang pepohonan di jalur hijau

9. Manfaat batang tebu bagi manusia adalah . . . .
A. bahan baku industri sirop dan gula pasir
B. fondasi bangunan rumah atau jembatan
C. bahan baku pembuat atap rumah
D. bahan baku pembuatan sampan

10. Perhatikan skema daur hidup hewan berikut!
skema daur hidup hewan

Tahapan metamorfosis hewan yang menguntungkan bagi industri kain sutra ditunjukkan oleh angka . . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

11. Perhatikan gambar rangka manusia di bawah ini!
rangka manusia

Jenis sendi yang terdapat pada bagian tubuh yang ditunjuk oleh angka 1 dan 2 berturut-turut, yaitu . . . .
A. putar dan peluru
B. engsel dan peluru
C. pelana dan engsel
D. pelana dan peluru

12. Fungsi bagian telinga yang ditunjuk anak panah pada gambar di bawah ini adalah . . . .
fungsi bagian telinga
A. menangkap getaran bunyi
B. menjaga keseimbangan tekanan udara
C. mengolah dan meneruskan getaran ke otak
D. meneruskan getaran bunyi ke telinga bagian dalam

13. Perhatikan gambar sistem pernapasan di bawah!
sistem pernapasan manusia

Fungsi bagian yang ditunjuk oleh X adalah . . . .
A. tempat masuknya udara
B. tempat penyaringan udara tahap kedua
C. tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida
D. saluran keluar-masuknya udara dari dan ke paru-paru

14. Berikut merupakan penyakit yang menyerang sel-sel darah merah adalah . . . .
A. hepatitis
B. leukemia
C. hipertensi
D. diabetes melitus

15. Fungsi ginjal manusia adalah . . . .
A. menghasilkan sel darah merah
B. menyaring darah dan membentuk urine
C. menghasilkan enzim amilase dan lipase
D. memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh

16. Perhatikan tabel benda dan sifatnya berikut!
tabel benda dan sifatnya
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan benda dan sifatnya yang tepat adalah . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4

17. Perhatikan tabel kegiatan dan perubahan wujud yang terjadi berikut!
tabel kegiatan dan perubahan wujud
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan kegiatan dan perubahan wujud yang tepat adalah . . . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

18. Halaman pada buku tua biasanya rapuh dan tampak berbercak-bercak hitam. Hal tersebut dikarenakan . . . .
A. pertumbuhan jamur yang mengakibatkan pelapukan
B. aktivitas bakteri pembusuk yang memakan serat kertas
C. reaksi kimia antara udara dengan air yang menempel pada kertas
D. kertas yang sudah termakan usia akan menghasilkan bercak hitam

19. Perhatikan gambar berikut!

Contoh Gaya Gravitasi
Air di bagian permukaan daun lama-kelamaan akan bergerak ke bawah kemudian jatuh ke tanah. Gaya yang bekerja pada air tersebut adalah . . . .
A. gaya gesek
B. gaya pegas
C. gaya magnet
D. gaya gravitasi

20. Perhatikan kegiatan pada gambar berikut!
pengaruh gaya
Pengaruh gaya yang diberikan pada bola sesuai kegiatan tersebut adalah . . . .
A. mempercepat gerak bola
B. memperlambat gerak bola
C. mengubah arah gerak bola
D. membuat bola diam menjadi bergerak

21. Perhatikan gambar berikut!
energi
Bentuk energi yang dihasilkan benda tersebut saat digunakan adalah . . . .
A. energi gerak
B. energi bunyi
C. energi bunyi
D. energi cahaya

22. Perhatikan gambar berikut!
perubahan energi
Benda yang mengalami perubahan energi yang sama adalah . . . .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

23. Berikut yang menunjukkan aktivitas yang menggunakan energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari adalah . . . .
contoh penggunaan energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari

24. Kegiatan yang dilakukan pada gambar di samping menunjukkan sikap . . . .
hemat energi listrik
A. menghemat energi listrik setelah menonton televisi
B. mengurangi polusi suara saat menonton televisi
C. waspada terhadap bahaya kebakaran
D. menjaga ruangan agar tetap gelap

25. Saat berangkat ke kantor, Paman menyeberang perlintasan rel kereta dengan hati-hati. Paman melihat sambungan rel kereta dibuat bercelah. Alasan pemasangan sambungan rel yang dibuat bercelah adalah untuk . . . .
A. mencegah rel menyusut pada malam hari
B. mencegah rel melengkung saat terjadi pemuaian
C. mengurangi gaya gesek antara rel dengan roda kereta
D. mencegah timbulnya genangan air di dalam rel pada musim hujan

26. Benda berikut yang merupakan konduktor panas adalah . . . .
A. sudip kayu
B. sumpit bambu
C. sendok plastik
D. sendok stainless steel

27. Perpindahan panas secara radiasi terjadi pada peristiwa . . . .
A. ibu menjemur pakaian saat cuaca terik
B. koki memasak air dengan panci aluminium
C. ayah mengaduk air kopi panas dengan sendok logam
D. pembuangan uap panas dapur melalui cerobong asap

28. Benda berikut yang dapat meredam gaung dalam ruangan teater, yaitu . . . .
A. kaca dan logam
B. karet dan busa
C. kardus dan kaca
D. asbes dan plastik

29. Gitar dan kecapi merupakan alat musik yang memiliki senar sebagai sumber bunyinya. Alat musik tersebut dimainkan dengan cara . . . .
A. dipetik
B. digesek
C. dipukul
D. digetarkan

30. Sebelum berenang, Gina sempat melihat bayangan awan pada permukaan kolam. Hal tersebut menunjukkan salah satu sifat cahaya, yaitu dapat . . . .
A. dibiaskan
B. dipantulkan
C. merambat lurus
D. menembus benda bening

31. Perhatikan rangkaian listrik berikut!
rangkaian listrik
Jika sakelar 1 (S1) dihubungkan dan sakelar 2 (S2) dilepas, lampu yang akan menyala dan lampu yang padam adalah . . . .
A. lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L5 dan lampu padam: L6
B. lampu menyala: L1, L2, L3, L5, L6 dan lampu padam: L4
C. lampu menyala: L1, L2, L4, L5, L6 dan lampu padam: L3
D. lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L6 dan lampu padam: L5

32. Perhatikan gambar di bawah!
membuat magnet

Agar batang besi dapat menjadi magnet, sifat magnet dapat diberikan ke batang besi dengan cara . . . .
A. dipukul-pukul dengan magnet
B. digosok dengan magnet ke satu arah
C. ditempelkan magnet selama 15 menit
D. digosok dengan magnet secara bolak-balik

33. Rambut dari hewan di bawah ini dapat dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan . . . .
manfaat bulu domba

A. kain sutra
B. kain katun
C. benang wol
D. serat kapas

34. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, antara lain . . . .
A. serat sutra, udang windu, dan ikan bandeng
B. minyak bumi, emas putih, dan bijih besi
C. serat kapas, kayu gaharu, dan timah
D. batu bara, singkong, dan air

35. Dampak penambangan minyak bumi di daratan secara terus-menerus adalah . . . .
A. menurunnya populasi burung elang
B. menurunnya permukaan tanah
C. meningkatnya kualitas air bersih
D. meningkatnya kesuburan tanah

36. Dampak musim kemarau yang panjang akibat pemanasan global terhadap daur air adalah . . . .
A. perubahan musim menjadi teratur
B. naiknya permukaan air sungai, danau, dan laut
C. bertambahnya debit air sungai di daerah tertentu
D. air hujan yang turun ke permukaan Bumi menjadi berkurang

37. Waktu yang diperlukan Bulan untuk satu kali berputar pada porosnya sama dengan waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi Bumi. Hal itu menyebabkan . . . .
A. kenampakan sisi Bulan selalu sama jika dilihat dari Bumi
B. Matahari, Bulan, dan Bumi terletak satu garis
C. pasang naik dan pasang surut air laut
D. gerhana Bulan sebagian

38. Posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat terjadi gerhana Bulan sebagian ditunjukkan oleh gambar
. . . .
Posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat terjadi gerhana Bulan sebagian

39. Perhatikan gambar tata surya berikut!
tata surya
Planet yang ditunjukkan angka 1 dan 2 berturut-turut adalah . . . .
A. Merkurius dan Neptunus
B. Merkurius dan Uranus
C. Venus dan Yupiter
D. Bumi dan Uranus

40. Satu tahun pada kalender Hijriah terdiri dari 12 bulan. Satu bulan terdiri dari 29 atau 30 hari. Hal ini didasarkan pada perhitungan . . . .
A. perputaran Bumi pada sumbunya
B. perputaran Bulan pada sumbunya
C. perputaran Bumi mengelilingi Matahari
D. perputaran Bulan mengelilingi Bumi dan bersama Bumi mengelilingi Matahari

sumber: http://www.websitependidikan.com/2017/07/40-soal-latihan-ujian-sekolah-us-ipa-sd-mi-dan-kunci-jawaban.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Sungkan Untuk Menuliskan Komentar Anda.